Hi quest ,  welcome 

Info

Ingin Penghasilan Tambahan, disini saya akan memperkenalkan Sophie Paris, Banyak sekali keuntungan untuk mendaftar member di Sophie Paris,
Keuntungannya yaitu :
- Daftar member Gratis.
- No ID atau No kartu member aktif seumur hidup, artinya tidak ada perpanjangan no ID,
- Diskon 30% Untuk semua produk
- Sophie paris juga menyediakan Bebas ongkos kirim,
- Jika Aktif maka akan ada transfer tiap bulannya.
>> Yuk yang belum daftar bisa daftar isi datanya Klik link di bawah :)

Bagaimana Cara Membuat Game Online?

Bagaimana cara membuat game online? saya ingin sekali membuat gameonline, tetapi saya tidak tahu akan mulai dari mana, kira-kira apa yalangkah pertama membuat game online?
(Zainudin Talani, Pria, 14th)

Jawaban :

Game online adalah
salah satu jenis game yang paling sulit dikembangkan, karena membutuhkan banyak sekali pengetahuan teknis mulai dari networking (pengiriman data), set up server, security (agar tidak mudah dicurangi), dan lain-lain. Tapi game online sendiri ada berbagai tipe dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula:



Tipe-tipe Game online

Text Based Online Game
Game online


Game online berbasis text, 
contohnya yaitu Mafia Wars atau Travian. Game online paling sederhana yaitu cukup menampilkan data dari server, tidak perlu terlalu banyak interaksi antar pemain secara realtime. Misalnya pemain A yang sedang menyerang pemain C tidak akan muncul pada layar permainan pemain B walau berada pada wilayah in-game yang sama.


Asynchronous Online Game

Asynchronous Online Game yaitu Game dimana kita bisa bermain dengan karakter teman kita, namun yang bersangkutan tidak perlu online, contohnya yaitu Buddy Rush. Kita cukup menggunakan data terbaru dari karakter teman kita tersebut, lalu menggerakkannya dengan AI agar terkesan bahwa kita bermain dengan teman kita. Lebih kompleks karena interaksi pemain dengan sistem harus realtime misalnya kita pukul seekor monster, data di server harus diupdate dengan nyawa monster baru yang telah dikurangi. Tapi tiap permainan hanya menerima input dari satu pemain saja.


Real Time Online Game

Real Time Online Game adalah Game online dimana kita bisa bermain dengan orang lain pada waktu yang bersamaan. contohnya yaitu Point Blank atau DotA (via BattleNet). Untuk Game tipe ini tingkat kesulitannya lebih besar lagi karena tiap input dari setiap pemain harus mempengaruhi data di server dan pada layar game setiap pemain. Misalnya pada sesi DotA 10 orang, pemain #1 mengeluarkan jurus ke pemain #2, di layar permainan pemain #1-#10 harus melihat kejadian yang sama, di waktu yang sama, dan dengan efek yang sama (misalnya jumlah HP pemain #2 yang berkurang).


Massively Multiplayer Online Game

Massively Multiplayer Online Game yaitu Game online real time dengan jumlah pemain jauh lebih banyak dibanding jenis game sebelumnya, contohnya Ragnarok Online atau World of Warcraft. Pada suatu waktu, pemain yang online bisa menembus angka ratusan bahkan ribuan, sehingga jumlah transaksi data yang terjadi sangat banyak , sehingga server harus dibuat agar dapat menangani transaksi data sebanyak itu.

Dari semua tipe game online yang disebutkan di atas, kuncinya adalah untuk mempelajari bagaimana hubungan client-server dalam sebuah game. Sederhananya, server adalah tempat untuk menyimpan berbagai data permainan, dan client adalah aplikasi untuk menampilkan data pada server dengan tampilan pada game. Semua input pada client harus bisa diterima oleh server dan server harus bisa memberikan respon sesuai dengan input yang dikirimkan.

Kalau memang ingin mencoba membuat online game, tidak ada salahnya mencoba membuat game online sederhana seperti Travian atau Mafia Wars, mengunakan PHP, database misalnya mySQL, dan HTML/CSS untuk menampilkan visual gamenya. Rencananya di bulan November nanti Agate akan membuat tutorial yang berhubungan dengan tipe game seperti itu diBlog Agate Studio:) Tunggu saja tanggal mainnya!

Artikel lain yang mungkin anda cari,:

3 komentar:

Unknown said...

Sudah ada tutorialnya belum?

Blogger said...

Considering getting rich in World of Warcraft?

You need to Install the TYCOON GOLD ADDON.

The addon will automatically find the most profitable gold making methods in the game, in real-time.

Elie said...

Terima kasih atas sharing informasinya. Berguna banget.
Jasa Ilustrasi Digital http://drewbussy.klikspo.com/

Post a Comment