Hi quest ,  welcome 

Info

Ingin Penghasilan Tambahan, disini saya akan memperkenalkan Sophie Paris, Banyak sekali keuntungan untuk mendaftar member di Sophie Paris,
Keuntungannya yaitu :
- Daftar member Gratis.
- No ID atau No kartu member aktif seumur hidup, artinya tidak ada perpanjangan no ID,
- Diskon 30% Untuk semua produk
- Sophie paris juga menyediakan Bebas ongkos kirim,
- Jika Aktif maka akan ada transfer tiap bulannya.
>> Yuk yang belum daftar bisa daftar isi datanya Klik link di bawah :)

soal konsep sistem informasi

1. Sebutkan 3 siklus akuntansi:
 Siklus pemerolehan/pembelian,siklus konversi,dan siklus pendapatan 

2. Sebutkan jenis komponen dari akuntansi: Jenis komponen dari akuntansi ada 2 yaitu Komponen siklus akuntansi dan Komponen obyek akuntansi.

3. Sebutkan unsur yang terdapat dalam siklus akutansi:Penerimaan,Produksi,Pengeluaran,Buku besar&Pelaporan

4. Sebutkan pengguna dalam SIstem informasi akutansi : Akuntan sebagai pengguna, Akuntan sebagai manajer,Akuntan sebagai konsultan,akuntan sebagai elevator,dan Akuntan sebagai jasa akuntansi dan perpajakan.

5. Sebutkan unsur dalam manipulasi data pada Sistem Informasi Akutansi:Klasifikasi,Pengurutan,Perhitungan,dan Pengikhtisaran

6. SIA menghasilkan output dalam dua cara yakni: Oleh suatu tindakan, output yang dihasilkan jika sesuatu terjadi dan  Oleh jadwal waktu, output yang dihasilkan pada suatu saat tertentu

7. Apa yang dimaksud dengan Sistem Pakar: sistem yang digunakan untuk menggantikan peranan seorang pakar dalam memberi konsultasi kepada pimpinan dalam organisasi

8. Sebutkan 4 aktifitas yang dilakukan untuk memindahkan kepakaran: Knowledge Acquisition (dari pakar atau sumber lainnya),Knowledge Representation (ke dalam komputer),Knowledge Inferencing,Knowledge Transfering

9. Knowledge Base terdiri dari 2 elemen dasar, sebutkan: Fakta dan Rules

10. Sebutkan definisi dari inference engine : merupakan  modul  yang  berisi  program  tentang  bagaimana mengendalikan proses reasoning

11. Jelaskan yang dimaksud dengan VIDEO CONFERENCING: Pertemuan melalui video dengan menggunakan telekomunikasi untuk menyatukan beberapa orang di beberapa lokasi yang secara fisik terpisah.

12. Dalam struktur detail sistem pakar terdiri dari 2 bagian, sebutkan: Development Environment (Lingkungan Pengembangan),Consultation Environment (Lingkungan Konsultasi)

13. Sebutkan kategori problema Sistem Pakar :Interprestasi,Prediksi,Diagnosis,Desain,Perencanaan,Debugging&Repair,Instruksi,Pengendalian,Selection,Simulation,Monitoring

14. Sebutkan definisi dari Sistem Informasi Eksekutif: Suatu bagian yang menyediakan informasi bagi eksekutif mengenai kinerja keseluruhan perusahaan

15. Sebutkan 3 konsep dalam Sistem Informasi Eksekutif: Faktor penentu keberhasilan (critcal success factor), Management By Exception (MBE), Model Mental

16. Apa yang dimaksud dengan Model Mental dalam SIE: memungkinkan perorangan untuk membuat penilaian dan perkiraan, untuk memahami fenomena, untuk memutuskan tindakan yang perlu diambil dan untuk mengendalikan pelaksanaannya dan di atas semuanya untuk mengalami kejadian melalui pengganti (proxy).

17. Sebutkan definisi dari Sistem Informasi Pemasaran: kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan.

18. Sebutkan 3 model dalam Sistem Informasi Pemasaran: Sistem informasi akuntansi (SIA), riset pemasaran, dan intelijen pemasaran

19. Sebutkan unsur dalam Bauran Pemasaran: Product,Place,Promotion,Price

20. Sebutkan unsur dalam subsistem promosi: iklan, Penjualan perseorangan (personal selling), Promosi penjualan (sales promotion)

21. Sebutkan unsur dalam sistem Perencanaan Manufaktur: Perencanaan bahan baku. Perencanaan sumberdaya 

22. Sebutkan unsur dalam Sistem Pengendalian Manufaktur: Unsur-unsur pengendalian biaya ada dua yaitu standar kerja yang baik dan sistem untuk melaporkan rincian kegiatan saat terjadinya proses produksi yang akurat

23. Sebutkan definisi dari Sistem informasi manufaktur: Suatu system berbasis computer yang bekerja dalam hubungannya dengan system informasi fungsional lainnya untukmendukungmanajemen perusahaan dalam pemecahan masalah yang berhubungan dengan manufakturproduk perusahaan yang pada dasarnya tetap bertumpu pada input, proses dan output.

24. Sebutkan Tujuan Pengolahan Data : mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai didalam maupun di luar perusahaan.

25. sebutkan Elemen dalam Sistem informasi manajemen : Hardware, Software, Prosedur, Database, Model

26. Sebutkan tujuan dari SIM : Memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan (subunit dapat disasarkan pada area fungsional atau tingkatan manajemen)

27. Jelaskan yang dimaksud dengan ELECTRONIC CALENDARING: Electronic calendering merupakan penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan.

28. Jelaskan unsur dalam subsistem output pada sistem informasi pemasaran : subsistem produk(software yang menginformasikan mengenai produk), subsistem tempat(software yang menjelaskan mengenai cara produk didistribusikan ke pelanggan), subsistem promosi(software yang menjelaskan mengenai penjualan langsung dan periklanan), subsistem harga(software yang berisi semua informasi mengenai harga), integrated mix(software yang mengembangkan strategi pemasaran yang menggunakan campuran unsur-unsur secara gabungan)

29. Sebutkan Karakteristik Sistem Pendukung Keputusan : (Sistem Pendukung Keputusan dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur ataupun tidak terstruktur dengan menambahkan kebijaksanaan manusia dan informasi komputerisasi), (Dalam proses pengolahannya, sistem pendukung keputusan mengkombinasikan penggunaan model-model analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari / interogasi informasi), (Sistem Pendukung Keputusan, dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan/dioperasikan dengan mudah), (Sistem Pendukung Keputusan dirancang dengan menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi).

30. Sebutkan manfaat SPK : (SPK memperluas kemampuan pengambil keputusan dalam memproses data / informasi bagi pemakainya), (SPK membantu pengambil keputusan untuk memecahkan masalah terutama berbagai masalah yang sangat kompleks dan tidak terstruktur), (SPK dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan), (Walaupun suatu SPK, mungkin saja tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun ia dapat menjadi stimulan bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya, karena mampu menyajikan berbagai alternatif pemecahan).

31. Terdapat 3 tingkatan teknologi SPK, sebutkan : (Spesific DSS Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/ sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitis terhadap suatu masalah tertentu). (DSS Generator Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat dan mudah membuat specific DSS). (DSS Tools Hardware /software yang membantu pembuatan specific DSS/Generator DSS)

32. Sebutkan tujuan otomatisasi Kantor : (Pendapatan yang Lebih Tinggi versus Penghindaran Biaya.Komputer tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah). (Pemecahan masalah Kelompok.Cara OA berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer membuatnya sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah kelompok). (Pelengkap – Bukan Pengganti.Sebagai suatu cara komunikasi bisnis, OA bukan tanpa keterbatasan. OA tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional – percakapan tatap muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya. OA harus bertujuan melengkapi komunikasi tradisional) 

33. Sebutkan komponen sistem pakar : (Pemakai atau user),  (Antar muka atau GUI), (Fasilitas penjelasan), (Aksi yang direkomendasikan), (Mesin inferensi), (workplace), (Perbaikan pengetahuan), (Pakar), (Proses Akuisisi pengetahuan), (Knowledge Engineer), (Basis Pengetahuan).

34. Apa yang dimaksud dengan Drilldown : Merupakan istilah kegiatan eksekutif dimana eksekutif mengambil informasi dimulai dari gambaran sekilas kemudian bertahap mengambil informasi lebih rinci. 

35. Menurut Herbert A. ada 3 tahap pokok dalam Sistem Pendukung Keputusan:
 a. Penyelidikan: mempelajari lingkungan atas kondisi yang memerlukan keputusan. Data mentah diperoleh, diolah, dan diuji untuk dijadikan petunjuk yang dapat mengidentifikasi persoalan.  
b. Perancangan: mendaftar, mengembangkan dan menganalisis arah tindakan yang mungkin. Hal ini meliputi proses-proses untuk memahami, menghasilkan pemecahan dan menguji kelayakan pemecahan tersebut.  
c. Pemilihan : memilih arah tindakan tertentu dari semua yang ada. Pilihan ditentukan dan dilakdanakan  

36. Menurut Rubeinstein dan Haberstroh langkah-langkah dalam mengambil keputusan, Sebutkan:
a. Pengenalan persoalan atau kebutuhan  
b. Analisis dan laporan alternatif-alternatif  
c. Pemilihan alternatif yang ada  
d. Komunikasi dan pelaksanaan keputusan  
e. Langkah lanjutan dan umpan balik hasil keputusan  

37. Elbing menyatakan proses pengambilan keputusan dalam organisasi mencakup 5 hal, sebutkan:
a. Identifikasi dan diagnosis masalah  
b. Pengumpulan dan analisis data yang relevan  
c. Pengembangan dan evaluasi alternatif-alternatif  
d. Pemilihan alternatif terbaik  
e. Implementasi keputusan dan evaluasi terhadap hasil-hasil

38. Apa yang dimaksud dengan Sistem Keputusan Terbuka : sistem keputusan terbuka memandang keputusan sebagian berada dalam suatu lingkungan yang rumit dan sebagian tak diketahui. Keputusan dipengaruhi oleh lingkungan dan pada gilirannya proses keputusan kemudian mempengaruhi lingkungan 

39. Apa yang dimaksud dengan keputusan terprogram : Keputusan terprogram adalah keputusan yang dapat dispesifikasikan sebelumnya sebagai seperangkat aturan atau prosedur keputusan. 

40. Jelaskan yang dimaksud dengan COMPUTER CONFERENCING : Computer conferencing adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga member kemampuan seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya konferensi. Aplikasi ini hamper sama dengan electronic mail, karena kedua aplikasi ini menggunakan hardware dan software yang sama.

41. Apa yang dimaksud dengan Keputusan tidak terprogram: Keputusan tidak terprogram adalah keputusan yang terjadi hanya satu kali atau berubah setiap saat diperlukan. Keputusan dalam suatu sistem keputusan terbuka adalah tidak terprogram karena tidak mungkin menspesifikasikan sebelumnya semua  
faktor.

42. Jelaskan definisi otomatisasi perkantoran menurut Waluyo: bahwa era otomatisasi perkantoran dimulai bersamaan dengan berkembangnya teknologi informasi, penggunaan perangkat komputer untuk keperluan perkantoran. Otomatisasi perkantoran sering juga diistilahkan dengan kegiatan perkantoran elektronis (electronic office/e-office). Perkantoran elektronis adalah aplikasi perkantoran yang mengganti proses administrasi berbasis manual ke proses berbasis elektronis dengan memnfaatkan fasilitas jaringan lokal (LAN).

43. Apa yang dimaksud Daur umpan balik dan reaksi jangka pendek: Daur umpan balik dan reaksi jangka pendek yaitu sebuah daur umpan balik jangka pendek memungkinkan seringnya keputusan baru dan karenanya mengurangi kekhawatiran tentang ketidakpastian yang akan dating

44. Apa yang dimaksud dengan pengaturan lingkungan : Pengaturan lingkungan yaitu organisasi berusaha mengendalikan lingkungannya melalui praktek konvensional dalam lingkup industri melalui suplai jangka panjang, kontak penjualan, dan sebagainya. 

45. Jelaskan definisi Teknologi perkantoran menurut Pakpahan: Teknologi perkantoran adalah bagaimana proses mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim dan menyimpan bahan-bahan keterangan secara efisien dengan menggunakan mesin-mesin. Oleh karena itu perlu sekali mengenal tentang jenis mesin untuk keenam macam kegiatan itu dan bagaimana 2 cara menggunkannya. Untuk dapat menggunakannya dengan baik perlu mengetahui ciri-ciri tiap-tiap mesin, cara kerjanya, bagian-bagiannya dan cara-cara pemeliharaannya 

46. Dilihat dari tenaga penggeraknya,otomatisasi perkantoran dibagi menjadi 2 yaituDilihat dari tenaga penggeraknya, yaitu: * Mesin manual ialah mesin-mesin yang digerakkan oleh tenaga manusia. * Mesin listrik (elektrik) ialah mesin-mesin yang digerakkan dengan tenaga listrik atau baterai.

47. Dilihat dari cara kerja dan komponen mesinnya, otomatisasi perkantoran dibagi menjadi 2 yakni:Dilihat dari cara kerja dan komponen mesinnya: * Mesin mekanik yaitu mesin-mesin yang rangkaian komponennya tampak bergerak dalam operasinya. * Mesin elektronik yaitu mesin-mesin dengan rangkaian komponen elektronik, berupa kabel-kabel. 

48. Pada dasarnya ada empat kategori pemakai otomatis kantor, yaitu : (a. Manajer adalah orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber daya manusia). (b. Profesional yakni tidak mengelola orang tetapi menyumbang keahlian khususnya [mis. Pembeli, wiraniaga, dan asisten staff khusus]. Manajer dan profesional secra bersama dikenal sebagai pekerja terdidik). (c. Sekretaris bisanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan). (d. Clerical Employee [pegawai administrative] melaksanakan tugas untuk-tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen dan mengirimkan surat.)

49. Jelaskan yang dimaksud dengan ELECTRONIK MAIL: Electronic mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan

50. Sebutkan 8 pokok hal dalam pengolahan data : Reading (membaca)‏Input Imasukan), Output (keluaran),‏ Sorting (menyortir)‏, Transmiting (memindahkan)‏, Calculating (menghitung)‏Comparing (membandingkan)‏, Storing (menyimpan)‏ 

51. Jelaskan yang dimaksud dengan VOICE MAIL: mesin penjawab yang diintegrasikan dengan PBX (private Branch Exchange) atau key telephone system. Sistem voice mail ini bisa digunakan pada perkantoran untuk menyimpan pesan-pesan yang masuk. Fasilitas ini bisa didapatkan langsung pada perusahaan telekomunikasi (penyedia jaringan telepon), dan tergantung kepada ketersediaan tersebut tentunya. Atau bisa juga dengan cara memasang suatu perangkat tambahan, atau memasang network interface card yang ditancapkan pada PC. 

52. Sebutkan 3 hal penting dalam piramida organisasiPerencanaan strategic, Pengandalian manajemen, Pengendalian operasional 

53. Sebutkan 5 fungsi manajemen menurut Henry Fayol: . Planning, Organizing, Commanding, Controlling, Coordinating 

54. Jelaskan yang dimaksud dengan VIDEOTEXT: pelayanan informasi interaktif dari komputer pusat yang memungkinkan individu untuk meminta kerangka informasi dari komputer pusat melalui telepon atau kabel, untuk ditampilkan ada layar tampilan video (umumya televisi rumah)

55. Sebutkan perbedaan antara model sistem terbuka dan tertutup pada perusahaan; Sistem Lingkaran Terbuka adalah suatu sistem tanpa lingkaran umpan balik atau mekanisme pengendalian. Sistem Lingkaran Tertutup adalah suatu sistem yang memiliki lingkaran umpan balik dan mekanisme 

56. Sebutkan Tiga tujuan utama SI menurut Hall, untuk mendukung:  
-untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemen,
-untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen,
-untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan

57. Apa yang dimaksud dengan supersistem dan berikan contohnya; Supersistem adalah jika suatu system merupakan bagian dari system yang lebih besar, maka system yang lebih besar tersebut dinamakan supersistem. contoh, internal revenue service adalah sebuah system,namun ia juga merupakan bagian dari system yang lebih besar,yaitu sebuah system federal. Dalam hal ini,pemerintah federal adalah supersistem. 

58. Apa perbedaan antara penyanggatan dan pengikhtisaran dalam sebuah system informasi:Penyanggatan, yakni memungkinkan dua buah sistem bekerjasama tanpa harus tersinkronisasi secara ketat. Caranya antarmuka mengumpulkan data dari satu subsistem dan kemudian memperkankan subsistem lain mengambil data tersebut.Pengikhtisaran, yakni meringkas sejumlah masukan ke dalam bentuk agregat (ringkasan) 

59. Apa perbedaan antara penapisan dan pendeteksian dalam sebuah sistem informasi: Penapisan, yakni membuang derau atau data yang tak berguna. Pendeteksian, yakni melakukan pemeriksaan dan pembetulan kesalahan-kesalahan terhadap standar atau kekonsistensian 

60. Jelaskan yang dimaksud dengan IMAGE STORAGE AND RETRIEVAL: Beberapa jenis perusahaan mempunyai volume dokumen yang besar, sehingga mereka harus menyimpannya dalam file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali jika diperlukan. Untuk mengatasi masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan tampilan maka digunakan microform, yang berupa microfilm dan microfiche. Microform akan mengurangi kebutuhan ruang yang diperlukan oleh dokumen kertas sampai sekitar 97%. Image storage and retrieval digunakan dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali dokumen historis untuk tujuan pemahaman masalah

61. Sebutkan 3 bentuk Pengendalian Sistem (Control System): Feedback Control System (pengendalianumpanbalik), Feed Forward Control System (pengendalianumpanmaju), Preventive Control System (pengendalianpencegahan). 

62. Definisi Manajemen menurut Ricky W Griffin adalah; Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumberdaya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. 

63. Sebutkan perbedaan antara manajer tingkat bawah dan menengah: Manajemen menengah merupakan manajemen tingkat taktik, informasi yang dibutuhkan lebih tersaring untuk mengendalikan manajemen. Sebagai contoh: Informasi mengenai semua total penjualan yang terjadi untuk tiap-tiap daerah. Sdangkan Manajemen tingkat bawah merupakan manajemen teknis yang membutuhkan laporan yang erinci, karena digunakan untuk mengendalikan operasi. Sebagai contoh: Informasi mengenai semua penjualan yang terjadi untuk tiap-tiap daerah tingkat.

64. Pada “model Newell-Simon” sistem pengolahan pada manusia terdiri dari : Allen Newell dan Herbert. A. Simon membuat model pengolahan sistem informasi manusia yang dianalogikan dengan sistem informasi komputer, model tersebut dikenal dengan “model Newell-Simon”. Di dalam model tersebut sistem pengolahan pada manusia yang terdiri dari: ingatan jangka pendek, pengolahan dasar, dan penafsir dibantu oleh ingatan jangka panjang dan ingatan luar

65. Sebutkan tujuan OA Masa Kini : Pendapatan yang Lebih Tinggi versus Penghindaran Biaya.Komputer tidak mnggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda penambahan pegawai yang dperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah. Pemecahan masalah Kelompok.Cara OA berkontribusi pada komunikasi ke dan darimanajer membuatnya sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah kelompok. Pelengkap – Bukan Pengganti.Sebagai suatu cara komunikasi bisnis, OA bukantanpa keterbatasan. OA tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional – percakapan tatap muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya. OA harus bertujuan melengkapi komunikasi tradisional.

66. Apa yang dimaksud dengan Kantor Virtual : Kantor virtual (Virtual Office) adalah pekerjaan yang dapat dikerjakan di lokasi geografis manapun selama tempat itu terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik.

67. Jelaskan kelebihan dari Kantor Virtual : Lebih Fleksibel, Hemat Biaya, Banyak Pilihan Pekerjaan, Penghasilan Tak Terbatas, Banyak mempunyai Waktu Luang Denga Keluarga. 

68. Sebutkan Kerugian dari kantor virtual: Rasa tidak memiliki, Takut kehilangan pekerjaan, Semangat kerja rendah, Ketegangan keluarga 

69. Ada 8 pokok pengolahan data yang meliputi : Reading (membaca)‏, Input Imasukan), Output (keluaran),‏ Sorting (menyortir)‏, Transmiting (memindahkan)‏, Calculating (menghitung)‏, Comparing (membandingkan)‏, Storing (menyimpan)‏

70. Sebutkan 3 pengguna manajemen informasi : End User, Database Administrator, System Analis.

71. Jelaskan unsur dalam piramida organisasi menurut R Antoni :
Perencaan Strategik :
• Penetapan tujuan organisasi
• Pendefinisian sasaran, kebijakan dan pedoman umum yang mngarahkan alur untuk organisasi.
Pengendalian Manajemen :
• Teknik perolehan, lokasi pabrik, produk baru
• Pemakaian anggaran, laporan, perbedaan
Pengendalian Operasional :
• Pendayagunaan fasilitas dan sumber
• daya yang ada untuk menyelenggarakan
• kegiatan

72. Sebutkan fungsi manajemen menurut Mitzberg :
  • Interpersonal roles
–        Figurehead
–        Leader
–        Liaison
  • Informational roles
–        Monitor
–        Disseminator
–        Spoke sperson
  • Decisional roles
–        Entrepreneur
–        Disturbance handler
–        Resource allocator
–        Negotiator

73. Jelaskan yang dimaksud dengan AUDIO CONFERENCING : Audio conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan melakukan konferensi. Audio conferencing adalah aplikasi oa pertama yang tidak memerlukan komputer. Ia hanya memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi audio dua arah.

74. Sebutkan komponen fisik dalam Sistem Informasi Manajemen : Hardware, Software, Database, Prosedur, Operasi Kepegawaian

75. Jelaskan 3 aktifitas manajemen ; Pengendalian Operasional adalah Proses pemantapan agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian Manajemen adalah Informasi pengendalian manajemen diperlukan utk mengukur prestasi,  memutuskan tindakan pengendalian, merumuskan aturan keputusan baru utk diterapkan personalia operasional dan mengalokasikan sumber daya. Perencanaan Strategik adalah Perencanaan strategic  mengembangkan strategi sebagai sarana sebuah organisasi utk mencapai tujuannya.

76. Sebutkan perbedaan antara Arsitektur Komputer dan Organisasi Komputer : Arsitektur Komputer merupakan Atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Dan Organisasi Komputer merupakan Bagian yang terkait erat dengan unit–unit Operasional. Contoh: teknologi hrdware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal control

77. Sebutkan 4 fungsi operasi komputer : Fungsi Operasi Pengolahan Data, Fungsi Operasi Penyimpanan Data, Fungsi Operasi Pemindahan Data,  Fungsi Operasi Kontrol

78. Tujuan Pemanfaatan Basis Data :
1. Kecepatan dan Kemudahan (Speed). Yakni agar pengguna basis data bisa: menyimpan data, melakukan perubahan/manipulasi terhadap data, menampilkan kembali data dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan cara biasa (baik manual ataupun elektronis).
2. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space). Dengan basis data kita mampu melakukan penekanan jumlah redundansi (pengulangan) data, baik dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau dengan membuat relasi-relasi antara kelompok data yang saling berhubungan.
3. Keakuratan (Accuracy). Agar data sesuai dengan aturan dan batasan tertentu dengan cara memanfaatkan pengkodean atau pembentukan relasi antar data bersama dengan penerapan aturan/batasan (constraint) tipe data, domain data, keunikan data dsb.
4. Ketersediaan (Availability). Agar data bisa diakses oleh setiap pengguna yang membutuhkan, dengan penerapan teknologi jaringan serta melakukan pemindahan/penghapusan data yang sudah tidak digunakan / kadaluwarsa untuk menghemat ruang penyimpanan.
5. Kelengkapan (Completeness). Agar data yang dikelola senantiasa lengkap baik relatif terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu, dengan melakukan penambahan baris-baris data ataupun melakukan perubahan struktur pada basis data; yakni dengan menambahkan field pada tabel atau menambah tabel baru.
6. Keamanan (Security). Agar data yang bersifat rahasia atau proses yang vital tidak jatuh ke orang / pengguna yang tidak berhak, yakni dengan penggunaan account (username dan password) serta menerapkan pembedaan hak akses setiap pengguna terhadap data yang bisa dibaca atau proses yang bisa dilakukan.

79. Sebutkan bentuk Bahasa Basis Data ;
1. Data Definition Language (DDL). Dengan bahasa ini kita dapat membuat tabel baru, membuat indeks, mengubah tabel, menentukan struktur penyimpanan tabel dsb.
2. Data Manipulation Language (DML). Berguna untuk melakukan manipulasi dan pegambilan data pada suatu basis data. Berupa: penyisipan/penambahan data baru (insert), penghapusan data (delete), pengubahan data (update)

80. Sebutkan Tiga fase dalam Circuit Switching: . circuit establishment, data transfer,  circuit termination

81. Sebutkan 2 klasifikasi jaringan komputer berdasarkan Communication Network; Broadcast Communication Network dan Switched Communication Network

82. Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer : Sekelompok Komputer yang saling dihubungkan dengan menggunakan suatu protokol komunikasi   sehingga antara satu komputer dengan komputer yang lain dapat berbagi data atau berbagi sumber daya (Sharing Resources)

83. Jelaskan yang dimaksud dengan DESKTOP PUBLISHING : Pembuatan output yang kualitasnya hampir sama dengan yang dihasilkan typesetter , versi lain desktop publishing adalah penggunaan komputer dan software khusus untuk membuat dokumen untuk desktop atau percetakan komersil

84. sebutkan unsur dalam model komunikasi : Komunikator (pengirim) > pesan > media > penerima > efek

85. Sebutkan empat tahap evolusi teknik pengolahan data yaitu: Tahap Manual, Tahap Mekanikal, Tahap Mekanik
Elektronik, Tahap Elektronik

86. Sebutkan perbedaan antara komputer generasi 2 dan 3 : Komputer generasi ke 2 telah di gunakannya transistor
sebagai sirkuit dan dioda untuk menggantikan tabung vakum yng usinya lebih pendek,pembuatan program
dengan bahasa tingkat tinggi,kapasitas memori utama yang cukup besar dan mempunyai kemampuan proses
real-time dan time-sharing. Disamping itu program komputer dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti ALGOL, FORTRAN, COBOL. Secara phisik, ukuran komputernya juga  lebih kecil jika disbanding dengan generasi sebelumnya. generasi ketiga:ditandai dengan munculnya sirkuit-sirkuit mini, yang berbentuk hybrid integrated circuit. Pada sirkuit mini tersebut, transistor dan diode yang  terpisah diletakkan dalam satu tempat. Beberapa ciri yang lain dari generasi ini adalah adanya integrasi antara  perangkat keras dan perangkat lunak dan berorientasi ke komunikasi data dan penanganan lebih dari satu  operasi secara serempak  

87. Sebutkan perbedaan antara RAM dan ROM : ram berfungsi fungsi utamanya adalah sebagaipenyimpan  sementara data dan program saat komputer digunakan. ROM Hanya dapat dibaca, fungsi utamanya adalah  sebagai penyimpan program yang dibutuhkan untuk pengendalian funsgsi-fungsi dasar komputer

88. Definisi Sistem Informasi Manajemen menurut Burt Scanland dan J Bernard Keys : Burt Scanland dan J. Bernard  Keys menyatakan bahwa SIM merupakan suatu sistem formal mengenai hal melaporkan, menggolongkan,  dan menyebarkan informasi kepada orang-orang yang tepat dalam suatu organisasi. 

89. Definisi Sistem Informasi Manajemen menurut Liang Gie : Liang Gie berpendapat SIM sebagai jalinan hubungan  dan lalu lintas keterangan dalam suatu organisasi melalui proses pengumpulan, pengolahan, pemahaman,  dan penyebaran kepada pejabat yang berkepentingan

90. Jelaskan yang dimaksud dengan WORD PROCESSING : proses pengolahan kata

91. Definisi pengolahan data menurut George R Terry : Menurut George R. Terry pengolahan data adalah
serangkaian operasi atas informasi yang direncanakan guna mencapai hasil yang diinginkan.


Artikel lain yang mungkin anda cari,:

0 komentar:

Post a Comment