Bagaimana
sech cara membuat mail merge...???
Dalam
pembuatan Mail Merge diperlukan dua buah file, yaitu file data (file yang
menampung data-data dari surat) dan file master (isi surat itu sendiri).
Langkah-langkah
pembuatan Mail Merge :
1. Klik Tools - Mail Merge.
2. Kilik pada icon Create - kemudian
pilih Form Letters.
3. Maka akan muncul kotak dialog dengan
dua pilihan, yaitu : Active Window (file master akan dibuat di window
dokumen atau file yang terakhir aktif) dan New Main Document (file
master akan dibuat pada file atau dokumen baru). Pilih salah satu sesuai dengan
kebutuhan.
4. Langkah selanjutnya adalah
menyiapkan file data. Klik icon Get Data – pilih Create Data Source.
5. Maka akan muncul suatu kotak dialog
pembuatan file data untuk menentukan field-field yang diperlukan dalam file
master. Field adalah kumpulan informasi atau kelompok data yang sejenis
misalnya nama, alamat dan sebagainya. Sedangkan Record adalah kumpulan
field-field yang membentuk suatu data. Selanjutnya ada dua pilihan, yaitu Edit
Data Source (untuk mengedit data) dan Edit Main Document (untuk
mengedit file master).
Cara membuat mail marge
0 komentar:
Post a Comment