Hi quest ,  welcome 

Mengenal Sejarah SQL Server

Sekilas Sejarah SQL Server

Sejarah SQL Server berbeda jauh dengan visual basic. Bila Visual basic berasal dari pengembangan QuickBasic yang juga merupakan produk Microsoft, maka SQL Server adalah hasil kerja sama antara Microsoft dengan Sybase untuk memproduksi sebuah software penyimpan data (database) yang berkerja pada sistem OS/2.

Sistem Operasi OS/2 merupakan sistem operasi baru dari hasil kerja sama antara Microsoft dengan IBM. Sistem operasi OS/2 mengenal bentuk-bentuk perintah DOS, sekaligus memiliki Kemampuan multi-tasking.


Untuk mendapat pengakuan pasar maka Microsoft berkerja sama dengan Ashton-Tate yang telah dikenal dengan produk dBase. Sayangnya kerja sama ini tidak berlangsung lama, karena setelah peluncuran Server versi 1.0 pada tahun 1989 kerja sama itu pun berakhir.

Peluncuran SQL Server 1.0 dilanjutkan dengan peluncuran SQL Server versi 1.1 pada tahun 1990. Adapun fitur terpenting dari produk iadalah dukungan pada platform baru dari sisi client yang dikenal sebagai sistem operasi windows 3.1.

Pada Tahun 1991, SQL Server versi 1.11 diluncurkan dan berisi fasilitas perawatan database. pada tahun yang sama, Microsoft juga mengakhiri kerja sama dengan IBM dan untuk selanjutnya Microsoft mengembangkan sendiri sistem operasi multi-user yang dikenal sebagai windows NT.

Microsoft SQL Server versi 4.2 dirilis pada tahun 1992 dan berisi tool administrasi database berbasis GUI-windows. Sementara itu, kerja sama dengan Sysbase tetap dilakukan untuk versi SQL Server yang berjalan pada sistem operasi OS/2, dimana pengkodean program dijaga sebaik mungkin agar produk Sybase dapat dijalankan pada sistem operasi Unix.

Berakhirnya kerja sama antara Microsoft dengan Sybase pada tahun 1994, memberi tanggung jawab pada Microsoft untuk mengembangkan produk SQL Server itu sendiri. Hasil pengembangan ini ditandai dengan diluncurkannya SQL Server versi 6.0 pada tahun 1995 dengan sejumlah fitur penting, seperti replikasi, kunsor scrollbar, dan sejumlah tool manajement baru, misalnya Enterprise Manager.

Versi SQL Server selanjutnya adalah Microsoft SQL Server versi 6.5 yang peluncurannya dilakukan pada tahun 1996, dan dilanjutkan dengan peluncuran SQL Server versi 7.0 pada tahun 1999, dan SQL Server 2000 yang diluncurkan pada tahun 2000.

Kemudian SQL Server 2005 diluncurkan pada tahun 2005, dimana salah satu komponen atau fitur penting patut diketahui dari sisi penulisan program adalah dimungkinkannya menulis Stored Procedure, Trigger, dan lainnya dengan menggunakan bahasa pemprograman VB.NET 2005.

Untuk masa depan, pengembangan SQL Server sebagai piranti penyimpanan data akan lebih digiatkan dengan fokus pada kebutuhan korporasi bersain agar produk tersebut dapat bersaing dengan produk sejenis yang dimiliki oleh IBM maupun Oracle.

Sumber:
Membuat Database pada SQL SERVER 2000 menggunakan VB6
Harip Santoso, Jakarta 2006



Artikel lain yang mungkin anda cari,:

1 komentar:

Novia Rizky said...

kita juga punya nih artikel mengenai 'SQL', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5239/1/JURNAL%20SKRIPSI%20Widhya%20Wijaksono.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

Post a Comment