Hi quest ,  welcome 

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata


Mata merupakan cahaya dan warna dalam kehidupan kita, tanpa mata dunia akan terlihat gelap dan tak berwarna. Sayangnya meski mata kita sangat berarti dalam kehidupan kita, kekuatan dan kesehatan mata kita akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia.
Untuk menjaga kesehatan mata kita ada banyak hal yang bisa kita lakukan, diantaranya kita harus mengerti kondisi mata kita, disaat mata kita sudah mulai lelah maka kita harus istirahat, dan salah satu diantaranya  juga, kita  bisa menjaga kesehatan mata kita dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata kita.
Berikut ini sepuluh makanan yang akan membantu menjaga kesehatan mata dan yang dapat melindungi terhadap katarak, degenerasi makula, dan masalah mata lainnya.

1.Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki rasa yang lembut dan sangat lezat, namun tidak hanya itu alpukat juga merupakan makanan yang paling padat akan nutrisi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita.
Alpukat  mengandung lebih banyak  lutein dibandingkan dengan buah lainnya. Zat ini sangat penting dalam pencegahan degenerasi makula dan katarak. Lutein juga merupakan sumber besar lainnya nutrisi sangat penting untuk mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

2.Wortel
            
            Wortel merupakan makanan yang sudah kita konsumsi dalam kehidupan sehari hari dan  telah lama dikenal sebagai makanan untuk kesehatan mata karena wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi.

3.Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

4.Telur

            Telur merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata seperti vitamin A, Zinc, lutein, lesitin, B12, vitamin D, dan sistein.

5.Bayam

            Sayuran yang murah dan mudah kita dapatkan ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, bayam juga mengandung nutrisi penting lainnya  termasuk lutein dan zeaxathin.
6.Kubis

            Seperti halnya  bayam, sayuran yang sering dibuat kuah sop ini merupakan sumber vitamin A, lutein, dan zeaxathin.

7.Tomat

            Tomat kaya akan kandungan vitamin C dan lycopene, dua nutrisi ini  sangat penting untuk kesehatan mata mata.

8.Biji Bunga Matahari

            Biji bunga matahari atau ada yang menybutnya dengan kwaci ternyata mengandung selenium, nutrisi yang bisa mencegah katarak dan juga menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

9.Bawang putih

Bawang putih mengandung selenium dan nutrisi mata lainnya seperti vitamin C dan quercetin.

10.Ikan salmon

            Salmon kaya akan omega-3 asam lemak, yang penting untuk menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Ikan salmon  juga mengandung asam folat, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A.

11. Pear

            Buah pear mengandung anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan. Buah ini juga mengandung vitamin C dan vitamin A. Vitamin A pada pear bagus untuk menjaga kesehatan mata.

12.Strawberry

            Dalam buah mungil ini terdapat vitamin C, B, folat, serat dan berbagai kandungan phytochemical yang dapat mencegah kanker. Vitamin C yang terdapat pada strawberry adalah salah satu nutrisi yang digunakan Age-Related Eye Disease Study , yang disponsori oleh Eye Institute, untuk memperkuat jaringan ikat dan memelihara kesehatan pembuluh darah pada mata.

13.Pepaya

            Buah pepaya banyak memiliki kandungan nutrisi. Kandungan yang paling banyak ditemukan dalam pepaya adalah betakaroten yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan dan berperan penting dalam menstabilkan radikal bebas sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kanker, Vitamin A untuk kesehatan mata, Vitamin C yang cukup tinggi dan berguna mengurangi risiko katarak, mengurangi risiko penyakit jantung dan dapat menghambat penuaan dengan memperbaharui sel darah putih, Vitamin E berguna untuk melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan Likopen yang berguna menjaga agar wajah tetap terlihat muda.

14.Jeruk

            Buah jeruk banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, B, dan yang paling populer adalah vitamin C. Jeruk juga mengandung karbohidrat, kalsium, kalium atau potasium, fosfor, zat besi, zat antioksidan dan juga mengandung banyak serat atau fiber. Vitamin A dalam jus jeruk membantu menjaga kesehatan mata kita, sehingga selalu terlihat jernih dan tidak mudah terkena gangguan mata seperti rabun.

JENIS MAKANAN YANG BAIK UNTUK KESEHATN MATA



Artikel lain yang mungkin anda cari,:

2 komentar:

dimdroid said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

catatan said...

iya gan sama" :)

Post a Comment