Membuat garis Vertikal
Untuk membuat garis vertikal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA lalu ada glClear GL_COLOR_BUFFER_BIT;digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam lalu adaglPushMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luarglClearColor (1,1,1,0); untuk menentukan warna garis/titik
glColor3f (1,1,1); untuk menentukan warna garis/titik glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan glColor3f (1,1,1);
glVertex3f (0.10,10.0,13.13); untuk menentukan titik awal yang digunakan
glVertex3f (0,0,0.0); untuk menentukan titik akhir yang digunakan
glEnd(); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
glPopMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Membuat garis Horizontal
Untuk membuat garis horizontal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
// Untuk membuat garis Horizontal //
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA lalu ada glClear GL_COLOR_BUFFER_BIT;digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam lalu adaglPushMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luarglClearColor (1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik
glColor3 f(1,1,1); untuk menentukan warna garis/titik glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan glColor3f (-0.6f,0.0f,0.0f);
glVertex3f (0.6f, 0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik awal yang digunakan
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); untuk menentukan titik yang digunakan
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik akhir yang digunakan
glEnd(); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
glPopMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
0 komentar:
Post a Comment