Hi quest ,  welcome 

Info

Ingin Penghasilan Tambahan, disini saya akan memperkenalkan Sophie Paris, Banyak sekali keuntungan untuk mendaftar member di Sophie Paris,
Keuntungannya yaitu :
- Daftar member Gratis.
- No ID atau No kartu member aktif seumur hidup, artinya tidak ada perpanjangan no ID,
- Diskon 30% Untuk semua produk
- Sophie paris juga menyediakan Bebas ongkos kirim,
- Jika Aktif maka akan ada transfer tiap bulannya.
>> Yuk yang belum daftar bisa daftar isi datanya Klik link di bawah :)

SOAL SISTEM INFORMASI ASURANSI dan KEUANGAN.


SOAL LATIHAN SISTEM INFORMASI ASURANSI & KEUANGAN. Contoh soal uts SISTEM INFORMASI ASURANSI & KEUANGAN gunadarma 2013

 

  1. Syarat-syarat dalam pelaksanaan suatu sistem adalah, kecuali:
a.
Adanya elemen-elemen yang terintegrasi
b.
Adanya tujuan yang hendak dicapai
c.
Adanya feed back dalam system itu sendiri
d.
Adanya koordinasi antar elemen-elemen dalam sistem tersebut
2.      Di bawah ini adalah elemen-elemen dalam suatu sistem, kecuali:
a.
Sarana
b.
Input
c.
Mekanisme pengendalian
d.
Tujuan Sistem

3.      Sistem Lingkaran tertutup (Closed Loop System) adalah
a.
Sistem yang mempunyai 3 elemen yaitu tujuan, mekanisme pengendalian dan lingkungan umpan balik.
b.
Sistem yang tidak mempunyai elemen mekanisme  pengendalian, lingkaran umpan balik
c.
Sistem yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya
d.
Sistem yang tidak dihubungkan dengan lingkungannya

4.      Sedangkan Sistem Lingkaran Terbuka (Open Loop System) adalah:
a.
Sistem yang mempunyai 3 elemen yaitu tujuan, mekanisme pengendalian dan lingkungan umpan balik.
b.
Sistem yang tidak mempunyai elemen mekanisme  pengendalian, lingkaran umpan balik
c.
Sistem yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya
d.
Sistem yang tidak dihubungkan dengan lingkungannya

5.      Masyarakat keuangan merupakan salah satu system lingkungan yang ada di dalamnya terdapat elemen-elemen atau bagian-bagian dari komunitas itu sendiri. Berikut ini adalah elemen-elemen dalam masyarakat keuangan, kecuali:
a.
Perusahaan Asuransi
b.
Asosiasi Simpan Pinjam
c.
Bank Sentral
d.
Yayasan Pendidikan
6.      Jika suatu sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar, maka sistem yang lebih besar itu disebut:
a.
Supersistem
b.
Highsistem
c.
Ultrasistem
d.
Subsistem
7.      Sedangkan sistem yang merupakan bagian dari sistem yang lebih besar disebut:
a.
Supersistem
b.
Highsistem
c.
Ultrasistem
d.
Subsistem
8.     Suatu pandangan sistem (System Views) melihat operasi bisnis sebagai sistem-sistem yang melekat dalam suatu lingkungan yang lebih luas. Pandangan sistem ini bertujuan untuk:
a.
Mencegah manajer tersesat dalam kerumitan struktur organisasi dan rincian pekerjaannya.
b.
Memberikan struktur fungsional yang tepat pada penerapan sistem
c.
Menekankan pentingnya elemen-elemen sistem yang terintegrasi
d.
Melakukan penyesuaian sistem dengan lingkungannya
9.      Keterkaitan antara sistem fisik dengan sistem konseptual adalah:
a.
Sistem fisik penting karena fungsinya, sistem konseptual penting karena penggambarannya atas sistem fisik.
b.
Sistem fisik penting karena keberadaannya, sistem konseptual penting karena penggambarannya atas sistem fisik
c.
Sistem fisik penting karena merupakan penjabaran dari sistem konseptual
d.
Sistem fisik penting karena merupakan penggambaran dari sistem konseptual

10.  Berikut ini adalah saat yang tepat untuk menggunakan model grafik, kecuali:
a.
Mencari ikhtisar data secara cepat
b.
Mendeteksi trend dari waktu ke waktu
c.
Memberikan informasi secara detail
d.
Mencari gambaran yang relatif sederhana & ringkas

11.   Salah satu keuntungan dengan adanya penggunaan model adalah:
a.
Dapat menjadi pengalaman belajar
b.
Kecepatan simulasi memberikan kecepatan dalam hal pengambilan keputusan
c.
Menyediakan daya prediksi yang selalu tepat
d.
Model lebih murah daripada metode trial and error

12.  Perbedaan antara keadaan saat ini dan keadaan yang diharapkan menggambarkan:
a.
Standar
b.
Masalah
c.
Kriteria Solusi
d.
Informasi
13.  Sedangkan keadaan yang diharapkan adalah:
a.
Standar
b.
Solusi
c.
Kriteria Solusi
d.
Informasi

14.  Penting untuk mengenali perbedaan antara masalah dan gejala. Pada dasarnya gejala adalah kondisi yang dihasilkan oleh masalah. Permasalahan yang dapat dengan baik dipahami oleh seorang manajer adalah permasalahan yang dikategorikan dalam:
a.
Masalah terstruktur
b.
Masalah tak terstruktur
c.
Masalah semi tersturktur
d.
Masalah semi tak terstruktur

15.   Tindakan yang memandang perusahaan sebagai suatu sistem dalam konsep pendekatan sistem adalah langkah yang perlu dilakukan pada tahap:
a.
Usaha Solusi
b.
Usaha Persiapan
c.
Usaha Definisi
d.
Usaha Konsultasi

16.  Sedangkan usaha untuk mengenali sistem lingkungan itu sendiri dalam konsep pendekatan sistem, adalah merupakan tindakan yang dilakukan pada tahap:
a.
Usaha Solusi
b.
Usaha Persiapan
c.
Usaha Definisi
d.
Usaha Konsultasi

17.   Standar kinerja untuk suatu sistem biasanya dinyatakan dalam bentuk rencana, anggaran dan kuota. Manajemen menetapkan standar dan harus memastikan bahwa standar itu memiliki karakteristik tertentu. Berikut adalah karakteristik dari sebuah standar, kecuali:
a.
Standar harus sah (valid)
b.
Standar harus realistis
c.
Standar harus dievaluasi
d.
Standar harus terukur
18.  Subsistem Input yang merupakan standar atau dasar diterapkannya CBIS dalam suatu perusahaan adalah:
a.
Sistem Informasi Manajemen
b.
Sistem Informasi Akuntansi
c.
Sistem Informasi Manufaktur
d.
Sistem Informasi Eksekutif

19.  Setiap sistem yang terdapat dalam CBIS merupakan suatu organisme hidup yang melalui proses yaitu lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses seperti ini disebut Siklus Hidup Sistem (System Life Cycle-SLC) yang mempunyai tahap-tahap seperti di bawah ini, kecuali:
a.
Perencanaan
b.
Analisis
c.
Penerapan
d.
Evaluasi
20. Siklus Hidup Sistem (System Life Cycle) adalah penerapan pendekatan sistem untuk pengembangan sistem atau CBIS yang terdiri dari serangkaian tugas yang erat mengikuti langkah-langkah pendekatan sistem dengan pola yang teratur dan dilakukan secara top-down. Oleh karena itu SLC sering disebut juga sebagai pendekatan air terjun atau yang biasa disebut:
a.
Top Down Approach
b.
Waterfall Approach
c.
Bottom Up Approach
d.
Development Approach

21.  Dapat disimpulkan bahwa CBIS dalam suatu organisasi atau perusahaan melalui suatu siklus hidup sistem (System Life Cycle) dan bahwa pemakai memainkan peranan penting dalam setiap tahapnya. Dari uraian di atas, maka yang merupakan pengelola dari SLC adalah:
a.
Manajer Analis Sistem
b.
Manajer Unit Jasa Informasi
c.
Spesialis Analis Sistem
d.
Direktur Utama
22. Satu-satunya CBIS yang bertanggungjawab memenuhi kebutuhan informasi di luar perusahaan adalah
a.
SIA
b.
SIM
c.
DSS
d.
OA
23. Komite pengarah SIM melaksanakan 3 fungsi utama, kecuali:
a.
Menjadi pimpinan proyek tim model
b.
Menjadi pengendali keuangan
c.
Menyelesaikan pertentangan
d.
Menetapkan kebijakan
24. Berikut ini unsur-unsur dari Rapid Application Development (RAD), kecuali:
a.
Engineering
b.
Manajemen
c.
Manusia
d.
Metodologi dan peralatan
25.Suatu sistem yang menyediakan informasi bagi para eksekutif mengenai kinerja keseluruhan perusahaan dinamakan:
a.
Sistem Informasi Perusahaan
b.
Sistem Informasi Keuangan
c.
Sistem Informasi Manufaktur
d.
Sistem Informasi Eksekutif







Contoh soal asuransi ke-2
***********************

*****
1. Yang bukan manfaat dari proses identifikasi resiko adalah :
a. Mengingatkan perusahaan tentang kerugian kerugian yang dapat menimpa bisnisnya
b. Sebagai bahan pembanding dalam menelaah dan mengevaluasi program penanggulangan resiko yang telah dibuat
c. Dapat mengetahui cara cara atau metode yang tepat untuk menghindari atau mengurangi besarnya kerugian yang diderita perusahaan
d. Sebagai tempat mengumpulkan informasi yang akan menggambarkan bisnis bisnis khusus apa yang dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi resiko potensial yang dihadapi bisnisnya.
Jawab : C

2. Ketidak pastian (uncertainty) yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian (loss) disebut sebagai :
a. Resiko
b. Peril
c. Hazard
d. Asuransi
Jawab : A

3. Kerugian tidak langsung atas harta adalah :
a. Kerugian yang disebabkan oleh berkurangnya nilai, kerusakan atau tidak berfungsinya barang lain selain yang terkena peril
b. Kerugian yang langsung dapat dikaitkan dengan peril yang menimpa harta tersebut
c. Kerugian yang disebabkan oleh penurunan pendapatan bersih, karena hilangnya/berkurangnya manfaat suatu harta, baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan oleh peril
d. Kerugian yang disebabkan oleh perbuatan karyawan sendiri
Jawab : A

4. Definisi dari Prinsip Not Exessive adalah :
a. Premi bisa disesuaikan dengan keadaan
b. Premi yang dibebankan tidak berlebihan
c. Premi yang diberikan tidak membedakan diantara resiko yang sama
d. Premi tidak berubah ubah
Jawab : B

5. Resiko Fundamental adalah jenis resiko menurut :
a. Sifatnya
b. Bentuknya
c. Pengalihannya
d. Sumbernya
Jawab : A

6. Bahaya Sosial adalah :
a. Bahaya yang timbul karena adanya penyimpangan tingkah laku manusia dan norma norma kehidupan yang wajar
b. Bahaya yang disebabkan oleh kekuatan eksternal maupun internal perusahaan
c. Bahaya yang timbul bukan dari ulah manusia tapi berasal dari alam
d. Bahaya yang disebabkan karena adanya kesalahan teknis manusia
Jawab : A

7. Tertanggung tidak dapat menerima ganti rugi dari penanggung bila ia telah menerima ganti rugi dari pihak ketiga yang menimbulkan kerugian, merupakan definisi dari :
a. Subrogasi
b. Aktuaria
c. Indemnity
d. Utmost Good Faith
Jawab : A

8. Premi yang dibayarkan harus menghasilkan cukup uang untuk membayar kerugian kerugian yang mungkin di derita merupakan prinsip :
a. Flexible
b. Adequate
c. Indemnity
d. Equity
Jawab : B

9. Ganti rugi yang harus diberikan oleh perusahaan angkutan umum kepada penumpang yang cedera akibat kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan pengemudinya merupakan contoh dari :
a. Human Losses
b. Property Losses
c. Personal Losses
d. Liability Losses
Jawab : D

10. Yang tidak termasuk dalam jenis jenis ketidak pastian :
a. Economic Uncertaity
b. Human Uncertainty
c. People Uncertainty
d. Uncertainty of Nature
Jawab : C

11. Dibawah ini yg merupakan salah satu jenis resiko menurut pengalihannya adalah :
a. Resiko Intern
b. Resiko Ekstern
c. Resiko yang dapat dialihkan
d. Resiko Fundamental
Jawab : C


12. Resiko yang penyebabnya tidak dapat dilimpahkan kepada seseorang dan yang menderita tidak hanya satu atau beberapa orang saja, tetapi banyak orang adalah :
a. ResikoDinamis
b. Resiko Spekulatif
c. Resiko Khusus
d. Resiko Murni
Jawab : C

13. Resiko intern adalah jenis resiko menurut :
a. Sifatnya
b. Bentuknya
c. Pengalihannya
d. Sumbernya
Jawab : D

14. Apa yang dimaksud dengan Hazard :
a. Segala sesuatu yang bisa menimbulkan kerugian
b. Suatu keadaan yang menambah kemungkinan terjadinya kerugian
c. Pembayaran yang diterima penanggung
d. Pembayaran yang diterima tertanggung
Jawab : B

15. Resiko yang timbul karena perkembangan dan kemajuan masyarakat dibidang teknologi dan ekonomi disebut resiko :
a. Resiko Khusus
b. Resiko Dinamis
c. Human Uncertainty
d. People Uncertainty
Jawab : B

16. Tindakan atau sikap mentolerir dan membiarkan terjadinya kerugian dan untuk mencegah terjadinya kerugian tersebut disediakan sejumlah dana untuk menanggulanginya adalah upaya penangganggulangan resiko dengan cara :
a. Retensi (menahan)
b. Avoid (menghindari)
c. Control (mengendalikan)
d. Asuransi (mengalihkan)
Jawab : A

17. Keadaan dan kondisi seseorang yang memperbesar kemungkinan terjadinya peril, yang bersumber pada perasaan hati orang yang bersangkutan, yang umumnya karena pengaruh dari suatu keadaan tertentu disebut :
a. Moral Hazard
b. Morale Hazard
c. Physical Hazard
d. Legal Hazard
Jawab : B

18. Premi bisa disesuaikan denga keadaan, merupakan prinsip :
a. Flexible
b. Adequate
c. Indemnity
d. Not Exessive
Jawab : A

19. Yang tidak termasuk jenis Hazard
a. Moral Hazard
b. Morale Hazard
c. Moril Hazard
d. Legal Hazard
Jawab : C

20. Proses dimana suatu perusahaan secara sistematis dan terus menerus mengidentifikasi property, liability dan personel exposure sebelum terjadinya peril disebut :
a. Manajemen Resiko
b. Daftar kerugian potensial
c. Pengelolaan resiko
d. Identifikasi resiko
Jawab : D

21. Yang bukan merupakan metode identifikasi resiko :
a. Kuesioner
b. Pemeriksaan Langsung
c. Laporan keuangan
d. Formal test
Jawab : D

22. Pengukuran Resiko yang didasarkan pada tingkat kegawatan atau keparahan dari kerugian tersebut merupakan pengukuran :
a. Frequensi
b. Severity
c. Variasi
d. Property
Jawab : B

23. Hal hal yang mendorong digunakannya ‘retensi’ adalah kecuali :
a. Biayanya lebih rendah dibandingkan dengan yang dibebankan oleh perusahaan asuransi
b. Jika expected loss-nya lebih rendah daripada yang diperkirakan perusahaan asuransi
c. Jika pembiayaan untuk memindahkan kerugian membengkak selama jangka waktu yang cukup panjang, sehingga menghasilkan opportunity cost yang lebih besar
d. Sering biaya yang dikeluarkan dengan meretensi lebih besar daripada biaya yang dibebankan oleh pihak asuransi
Jawab : D

24. Mana yang tidak termasuk dalam kelompok daftar kerugian potensial :
a. Human Losses
b. Property Lossses
c. Personal Losses
d. Liability Losses
Jawab : A

25. Resiko yang tidak dapat dialihkan kepada pihak lain umumnya meliputi jenis resiko :
a. Resiko Dinamis
b. Resiko Spekulatif
c. Resiko Khusus
d. Resiko Murni
Jawab : B

26. Keadaan dan kondisi seseorang yang memperbesar kemungkinan terjadinya peril, yang bersumber pada sikap mental, pandangan hidup, kebiasaan dari orang yang bersangkutan disebut :
a. Moral Hazard
b. Morale Hazard
c. Physical Hazard
d. Legal Hazard
Jawab : A

27. Apa yang dimaksud dengan Peril :
a. Segala sesuatu yang bisa menimbulkan kerugian
b. Suatu keadaan yang menambah kemungkinan terjadinya kerugian
c. Pembayaran yang diterima penanggung
d. Pembayaran yang diterima tertanggung
Jawab : A

28. Kerugian yang menimpa keluarga karyawan akibat kematian, ketidakmampuan dan pengangguran merupakan contoh dari :
a. Human Losses
b. Property Losses
c. Personal Losses
d. Liability Losses
Jawab : C

29. Penyebab kerugian terhadap harta dibedakan kedalam jenis berikut ini, kecuali :
a. Bahaya Fisik
b. Bahaya Alam
c. Bahaya Sosial
d. Bahaya Ekonomi
Jawab : B

30. Kerugian langsung atas harta adalah :
a. Kerugian yang disebabkan oleh berkurangnya nilai, kerusakan atau tidak berfungsinya barang lain selain yang terkena peril
b. Kerugian yang langsung dapat dikaitkan dengan peril yang menimpa harta tersebut
c. Kerugian yang disebabkan oleh penurunan pendapatan bersih, karena hilangnya/berkurangnya manfaat suatu harta, baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan oleh peril
d. Kerugian yang disebabkan oleh perbuatan karyawan sendiri
Jawab : B

31. Kerugian Net Income atas harta adalah :
a. Kerugian yang disebabkan oleh berkurangnya nilai, kerusakan atau tidak berfungsinya barang lain selain yang terkena peril
b. Kerugian yang langsung dapat dikaitkan dengan peril yang menimpa harta tersebut
c. Kerugian yang disebabkan oleh penurunan pendapatan bersih, karena hilangnya/berkurangnya manfaat suatu harta, baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan oleh peril
d. Kerugian yang disebabkan oleh perbuatan karyawan sendiri
Jawab : C

32. Resiko Dinamis adalah jenis resiko menurut :
a. Sifatnya
b. Bentuknya
c. Pengalihannya
d. Sumbernya
Jawab : A

33. Bahaya yang timbul bukan karena ulah manusia tapi karena disebabkan oleh alam, termasuk dalam :
a. Bahaya Alam
b. Bahaya Fisik
c. Bahaya Natural
d. Bahaya Psikis
Jawab : B

34. Pengukuran resiko yang didasarkan pada berapa kali terjadinya suatu kerugian selama suatu periode tertentu merupakan pengukuran :
a. Frequensi
b. Severity
c. Variasi
d. Property
Jawab : A

35. Keadaan dan kondisi yang memperbesar kemungkinan terjadinya peril, yang bersumber dari karakteristik secara fisik dari objek, baik yang bisa diawasi maupun yang tidak disebut :
a. Moral Hazard
b. Morale Hazard
c. Physical Hazard
d. Legal Hazard
Jawab : C

36. Yang tidak termasuk dalam metode penanggulangan resiko :
a. Avoid
b. Transfer
c. Clearing
d. Prevention
Jawab : C

37. Mengunci motor dengan kunci pengaman tambahan merupakan contoh dari penanggulan resiko dengan metode :
a. Avoid
b. Transfer
c. Clearing
d. Prevention
Jawab : D

38. Mengasuransikan motor yang baru saja di beli, merupakan tindakan penanggulangan resiko dengan metode :
a. Avoid
b. Transfer
c. Retention
d. Prevention
Jawab : B

39. Kerugian yang mungkin timbul akibat adanya kemungkinan bahwa aktifitas seseorang/perusahaan menimbulkan kerugian harta atau personal bagi pihak lain baik disengaja maupun tidak adalah :
a. Liability Losses
b. Personel Losses
c. Property Losses
d. Human Losses
Jawab : A

40. Yang bukan merupakan prinsip dasar Asuransi
a. Aktuaria
b. Insurable Interest
c. Indemnity
d. Subrogasi
Jawab : A

41. Yang dimaksud dengan Prinsip Indemnity adalah :
a. Adanya itikad baik antara masing masing pihak (kejujuran keduabelah pihak)
b. Tertanggung tidak dapan menerima ganti rugi dari penanggung bila ia telah menerima ganti rugi dari pihak ketiga yang menimbulkan kerugian
c. Asuransi mengikuti orangnya, bukan objek yang diasuransikan
d. Ganti rugi yang diberikan tidak boleh melebihi kerugian yang terjadi
Jawab : D

42. Yang tidak termasuk dalam prinsip pemberian Premi :
a. Adequate
b. Indemnity
c. Equity
d. Flexible
Jawab : B

43. Kerugian yang menimpa harta karena terjadinya peril dapat dibedakan dalam 3 jenis, kecuali :
a. Kerugian Langsung
b. Kerugian Tidak Langsung
c. Kerugian Net Profit
d. Kerugian Net Income
Jawab : C

44. Yang termasuk dalam komponen perhitungan premi :
a. Reduksi Prima
b. Premi Tambahan
c. Premi Pengganti
d. Premi Dasar
Jawab : B

45. Dibawah ini yang tidak termasuk dalam manfaat asuransi
a. Membuat masyarakat dan perusahaan dalam keadaan aman
b. Mempertahankan efisiensi perusahaan
c. Merupakan alat penabung
d. Menghilangkan resiko
Jawab : D

46. Yang tidak termasuk dalam unsur unsur asuransi adalah :
a. Tertanggung
b. Premi
c. Aktuaria
d. Hazard
Jawab : C

47. Yang dimaksud Exposure adalah :
a. Segala sesuatu yang bisa menimbulkan kerugian
b. Kerugian yang dihadapi
c. Pembayaran yang diterima penanggung
d. Pembayaran yang diterima tertanggung
Jawab : B

48. Yang tidak termasuk dalam Prinsip Utmost Good Faith adalah :
a. Representasi
b. Concealment
c. Warranty
d. Equity
Jawab : D

49. Definisi dari resiko murni adalah :
a. Resiko yang penyebabnya tidak dapat dilimpahkan kepada seseorang dan yang menderita tidak hanya satu atau beberapa orang, tetapi banyak orang
b. Resiko yang bersumber pada peristiwa yang mandiri dan umumnya mudah diketahui penyebabnya
c. Resiko yang sengaja ditimbulkan oleh yang bersangkutan.
d. Resiko yang apabila terjadi tentu menimbulkan kerugian dan terjadinya tanpa disengaja.
Jawab : D


50. Bahaya Ekonomi adalah :
a. Bahaya yang timbul karena adanya penyimpangan tingkah laku manusia dan norma norma kehidupan yang wajar
b. Bahaya yang disebabkan oleh kekuatan eksternal maupun internal perusahaan
c. Bahaya yang timbul bukan dari ulah manusia tapi berasal dari alam
d. Bahaya yang disebabkan karena adanya kesalahan teknis manusia
Jawab : B

51. Yang menjadi tujuan dasar dari life insurance adalah :
a. Protections Needs
b. Health Needs
c. Life Needs
d. Live Needs
Jawab : A

52. Yang tidak termasuk dalam jenis asuransi jiwa :
a. Asuransi Jiwa Bersama
b. Asuransi Jiwa Berjangka
c. Asuransi Jiwa Seumur Hidup
d. Asuransi Jiwa Dwiguna
Jawab : A


Artikel lain yang mungkin anda cari,:

0 komentar:

Post a Comment