Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cara Memasang Daftar Isi Blogger

Cara Memasang Daftar Isi Blogger
Atau apa manfaatnya memasang daftar isi pada blog? Mungkin anda punya pertanyaan seperti ini. Anda tidak sendiri. Memang blogger tidak menyediakan fasilitas ini secara langsung melalui dasbor anda. Mungkin nanti mereka harus menyiapkan widget daftar isi agar setiap pemilik blogger bisa menambahkan daftar isi pada blog blogger mereka dengan cepat.

Daftar isi pada blog blogger mempunyai banyak keuntungan, baik bagi anda sebagai pemilik blog
maupun bagi orang yang mengunjungi blog anda. Tidak mengherankan banyak orang yang ingin memasang daftar isi pada blog mereka, tetapi belum tahu caranya bagaimana. Nah, pada lensa ini anda akan bisa melihat bagaimana caranya memasang daftar isi pada blog blogger anda. Silakan menyimak. Dan terima kasih telah berkunjung.




Manfaat Daftar Isi pada Blog

Jadi apa manfaat sebuah daftar isi pada blog blogger? Antara lain manfaat daftar isi pada blog blogger adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan kenyamanan pembaca
    Pertama, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung ketika berada di blog blogger anda. Dengan adanya sebuah daftar isi, mereka tinggal mengklik daftar isi tersebut untuk melihat apa saja yang ada dalam blog anda. Atau apa yang anda telah tulis dalam blog anda. Untuk tujuan ini, daftar ini sangat membantu karena bisa langsung melihat judul daftar isi tersebut alias judul postingan anda. Tidak masalah postingan tersebut berada di kategori atau label mana, pembaca bisa langsung melihat dengan jelas tanpa harus banyak mencari. Mereka akan merasa lebih nyaman bukan.
  2. Meningkatkan lamanya 'stay' pembaca anda 
    Ini sangat penting bagi anda sebagai pemilik blog. Lamanya waktu pengunjung berada di blog sangat baik bagi keberadaan blog tersebut. Tentu anda tidak ingin bahwa pembaca anda hanya membaca sebuah artikel atau postingan kemudian pergi begitu saja. Yang anda inginkan adalah setelah membaca sebuah artikel, mereka membaca lagi artikel-artikel lainnya. Nah, dengan adanya sebuah daftar isi maka mereka bisa melihat seketika bahwa anda punya banyak artikel-artikel menarik yang bisa mereka baca.
  3. Blog anda terlihat lebih professional
    Coba anda lihat blog-blog yang ada. Seberapa banyak yang telah memberikan sebuah daftar isi untuk melihat semua postingan atau artikel yang ada di dalam blog tersebut? Tidak banyak bukan?! Nah, kalau anda punya sebua daftar isi, maka blog anda akan terkesan lebih professional dibandingkan dengan blog yang lain (yang tidak punya daftar isi). Anda pun kelihatan memperhatikan kenyamanan pengunjung sehingga mereka merasa terfasilitasi. Ini lah yang sangat penting! Anda harus punya hubungan batin dengan pembaca anda dan mereka merasa bahwa anda memperhatikan kebutuhan mereka.
  4. Meningkatkan peluang adsense terklik
    Kalau anda memasang adsense, semisal Google adsense, maka tujuan anda memasangnya adalah agar pembaca mengkliknya, bukan? Nah, apakah kalau mereka hanya sebentar di blog anda terus mereka akan punya peluang yang lebih baik untuk mengklik dibandingkan jika mereka merasa betah? Jawabannya tentu tidak. Secara logika, lebih lama mereka berada di blog anda maka adsense anda akan terlihat dalam waktu yang lebih lama, apalagi pada halaman-halaman artikel yang berbeda-beda. Tadinya mungkin mereka tidak tertarik untuk mengklik di sebuah halaman, tetapi ketika membuka halaman postingan lainnya dengan tampilan adsense yang berbeda, siapa tahu mereka tertarik kan? Persoalan klik adsense adalah persoalan peluang. Makin lama pengunjung berada dalam sebuah blog, makin tinggi peluang adsense yang ada mendapat klik.

Jadi Bagaimana Caranya Membuat Daftar Isi Blog?

Ok, Inilah Caranya

Salah satu daftar isi blog yang terbaik untuk blogger adalah yang dibuat oleh Abu Farhan. Code yang dia buat beradasarkan kepada accordion dan punya tampilan sangat cantik. Anda bisa ke sana untuk melihat bagaimana fitur daftar isi yang sudah dibuatnya. 

Cara membuatnya adalah buat laman statis baru
  1. Klik PostingLaman Baru, kemudian Edit Laman, lalu Edit HTML
  2. Pada Judul Laman masukkan Daftar Isi
  3. Masukkan kode berikut pada kotak untuk isinya:

    <link href="http://abu-farhan.com/script/acctoc/acc-toc.css" media="screen" rel="stylesheet" type="text/css"></link>
    <script src="http://abu-farhan.com/script/acctoc/daftarisiv2-pack.js"></script>
    <script src="http://note-why.blogspot.com/feeds/posts/summary?max-results=1000&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
    <script type="text/javascript">
    var accToc=true;
    </script>
    <script src="http://abu-farhan.com/script/acctoc/accordion-pack.js" type="text/javascript"></script>


    Kira-kira seperti di bawah ini


Artikel lain yang mungkin anda cari,:

0 komentar:

Post a Comment