Hi quest ,  welcome 

Waspadai Kanker Serviks


Istilah penyakit kanker serviks bukanlah barang baru lagi bagi telinga kita. Jenis kanker ini banyak ditakuti wanita karena kanker ini banyak menyerang wanita karena kanker jenis ini menyerang organ tubuh wanita yaitu pada mulut rahim. Penyakit ini tepatnya menyerang daerah pada leher rahim. Leher rahim adalah pintu masuk ke dalam rahim yaitu diantara rahim atau disebut sebagai uterus dengan liang vagina wanita. Riset mnyatakan bahwa kanker ini disebabkan oleh virus yang disebut sebagai human papilloma virus onkogenik atau disingkat sebagai HPV. Pada awalnya kanker ini
menyerang leher rahim, namun pada stadium selanjutnya kanketr ini dapat menyerang organ lainnya yang ada pada tubuh penderita.
World Health Organization menyatakan bahwa penyakit kanker serviks telah menduduki peringkat pertama berbagai tipe kanker penyebab kematian wanita di dunia. Sedangkan di Indonesia sudah banyak terdapat kasus yang disebabkan oleh penyakit ini. Faktanya banyak pula yang merenggut maut karena penyakit ini. Tidak heran jika Indonesia adalah negara yang memiliki penderita tertinggi di dunia. Selain disebabkan virus HPV yang mempunyai lebih 100 jenis, namun tidak memiliki daya serang yang tinggi sehingga ada yang lenyap begitu saja. Selain itu adanya pencemaran dari zat-zat kimia dalam waktu yang panjang yang terjadi pada sel-sel di leher rahim wanita. Kanker jenis ini dapat berpindah ke orang lain melalui hubungan seksual, apalagi bagi anda yang suka berganti pasangan. Penggunaan kondom tidak akan menghindari penularan virus jenis ini karena dapat pula terjadi lewat sentuhan kulit.
Untuk mewaspadai penyakit kanker serviks, ada baiknya kita kenali gejala-gejala yang ditimbulkan penyakit kanker ini. Jika anda adalah pelaku seksual aktif maka sebaiknya anda melakukan tes kesehatan alat vital setiap dua tahun sekali untuk memastikan kondisi fisik anda. Sedangkan gejala fisik yang nyata hanya dapat terlihat pada penderita stadium lanjut. Adanya rasa perih dan pendarahan pada saat berhubungan badan, keputihan yang tidak wajar pada area vagina, munculnya darah diluar periode haid, turunnya berat badan secara drastis merupakan tanda-tanda fisik lainnya. Jika kanker telah menyebar ke area panggul, maka penderita akan merasakan nyeri pada punggung. Kesulitan berkemih serta membesarnya ginjal juga merupakan gejala fisik lainnya.
Masa pertumbuhan penyakit ini bisa dikatakan cukup lama. Masa ini disebut masa preinvasif atau pertumbuhan sel yang tidak wajar sebelum mengganas. Perkembangannya antar 5 hingga 20 tahun lamanya, dimulai dengan tahap infeksi, kemudian disebut sebagai pre-kanker, hingga menjadi kanker serviks yang nyata. Menurut para ahli kebiasaan merokok dapat menjadi pemicu tumbuhnya sel-sel kanker serviks. Menurut seorang ahli dari Swedia zat nikotin dan racun-racun lainnya yang mengendap di dalam darah dapat mengakibatkan terjadinya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada rahim wanita. Selain itu perempuan usia 35 hingga 50 tahun sangat rawan mengidap penyakit ini. Jika anda melakukan diet secara ketat sehingga menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh, maka besar kemungkinan anda akan terjangkit virus kankerserviks ini.


Artikel lain yang mungkin anda cari,:

1 komentar:

Blogger said...

New Diet Taps into Revolutionary Idea to Help Dieters LOSE 20 Pounds in Just 21 Days!

Post a Comment