Hi quest ,  welcome 

Manfaat Lubang Biopori

Manfaat Lubang Biopori. Disini saya akan menjelaskan apa saja manfaat dari lubang biopori. Mungkin anda semua sering mendengar kata biopori. disini saya akan menjelaskan ap itu biopori. Sebenarnya apa sih biopori itu? Arti definisi dan pengertian lubang biopori adalah lubang yang dengan diameter 10 sampai 30 cm dengan panjang 30 sampai 100 cm yang ditutupi sampah organik yang berfungsi untuk menjebak air yang mengalir di sekitarnya sehingga dapat menjadi sumber cadangan air bagi air bawah tanah, tumbuhan di sekitarnya serta dapat juga membantu pelapukan sampah organik menjadi kompos yang bisa dipakai untuk pupuk tumbuh-tumbuhan.

Lubang biopori


Secara alami, biopori adalah lubang-lubang kecil pada tanah yang terbentuk akibat aktivitas organisme dalam tanah seperti cacing atau pergerakan akar-akar dalam tanah. Lubang tersebut akan berisi udara dan menjadi jalur mengalirnya air. Jadi air hujan tidak langsung masuk ke saluran pembuangan air, tetapi meresap ke dalam tanah melalui lubang tersebut.


Mengingat di sekitar kita lahan resapan air sekarang sudah berkurang disertai dengan penggunaan air tanah yang sangat berlebihan menyebabkan penurunan permukaan tanah serta mengakibatkan sulitnya untuk mendapatkan air berkualitas baik dan cukup.

Keberadaan pepohonan semakin tergusur oleh bangunan-bangunan sehingga lubang biopori menjadi semakin langka. Lagi pula, banyaknya pepohonan tidak selalu mengartikan akan ada banyak air yang terserap, karena permukaan tanah yang tertutup lumut membuat air tidak dapat meresap ke tanah.
Dengan demikian keseimbangan lingkungan yang harus terus menerus dilestarikan dan dijaga pun semakin rusak dan tidak terkendali. Untuk itulah diperlukan adanya gerakan pelestarian alam sekitar yang dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak serta berkesinambungan.

Nah, salah satu cara yang dapat kita tempuh untuk mencegah mengalirnya air hujan ke selokan yang kemudian terbuang percuma ke laut lepas adalah dengan pembuatan lubang biopori resapan atau LBR.

Tujuan dari Lubang Resapan Biopori / LRB menurut biopori.com :
1. Memaksimalkan air yang meresap ke dalam tanah sehingga menambah air tanah.
2. Membuat kompos alami dari sampah organik daripada dibakar.
3. Mengurangi genangan air yang menimbulkan penyakit.
4. Mengurangi air hujan yang dibuang percuma ke laut.
5. Mengurangi resiko banjir di musim hujan.
6. Maksimalisasi peran dan aktivitas flora dan fauna tanah.
7. Mencegah terjadinya erosi tanah dan bencana tanah longsor.

Untuk masalah tempat nya, jangan khawatir. Banyak tempat di sekitar kita yang bisa di buat Lubang Resapan Biopori, yaitu antara lain : Pada alas saluran air hujan di sekitar rumah, di sekeliling pohon, pada tanah kosong antar tanaman / batas tanaman.
ada beberapa daerah yang menggunakan teknik biopori berhasil mengurangi potensi banjir hingga 40%.
Program biopori itu murah biayanya. Pembuatan lubang biopori bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat, baik di pekarangan rumah dan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Lubang itu selanjutnya cukup diisi dengan sampah organik. Keberadaan sampah organik itu nantinya berfungsi sebagai media berkembangbiaknya cacing tanah.
Cacing-cacing itulah nantinya akan membuat liang-liang di sekitar biopori, yang berfungsi sebagai penyerap air saat turun hujan. Dengan demikian proses peresapan akan terjadi lebih cepat. Manfaat biopori lainnya ialah membantu meningkatkan kesuburan tanah. Biopori sangat pas untuk wilayah permukiman dan pertanian.
Banyak manfaat untuk lingkungan kita dengan adanya biopori, maka membuat biopori dapat menjadi salah satu pertimbangan kita agar lingkungan kita menjadi lebih baik.

http://note-why.blogspot.com/2012/09/manfaat-lubang-biopori.html

Artikel lain yang mungkin anda cari,:

2 komentar:

Harry_Uda_Gakputter said...

keren mas brooo..bahsanya gk kaku..thanks infonya ,ngebantu tugas wa bangeet..jempol deh broo (y)

Anonymous said...

biopori

Maaf Gan...numpang Iklan

Kami menawarkan jasa pembuatan Sumur Resapan dan Lubang Resapan Biopori untuk perumahan, kantor atau sekolah-sekolah. Dapat membantu menjaga kuantitas air tanah, mencegah genangan air dan dapat menyuburkan tanaman. Jika ada pembaca yang tertarik dapat menghubungi kami di nomor 085813126251 (Oky)
Terima kasih

Sebagai referensi, kunjungi halaman kami di http://resapanbiopori.blogspot.com

Post a Comment