Hi quest ,  welcome 

Info

Ingin Penghasilan Tambahan, disini saya akan memperkenalkan Sophie Paris, Banyak sekali keuntungan untuk mendaftar member di Sophie Paris,
Keuntungannya yaitu :
- Daftar member Gratis.
- No ID atau No kartu member aktif seumur hidup, artinya tidak ada perpanjangan no ID,
- Diskon 30% Untuk semua produk
- Sophie paris juga menyediakan Bebas ongkos kirim,
- Jika Aktif maka akan ada transfer tiap bulannya.
>> Yuk yang belum daftar bisa daftar isi datanya Klik link di bawah :)

Tips Agar kelinci Panjang Umur (berumur panjang)

Disini saya akan membahas bagaimana agar kelinci dapat berumur panjang. apa saja yang harus dilakukan agar kelinci panjang umur. Memang ada kelinci yang dapat berumur panjang? dari hasil penelitian para ahli biologi mengungkapkan bahwa masa hidup kelinci hanya sampai sekitar 10-12 tahun saja. Lantas bagaimana caranya  membuat kelinci anda panjang umur? disini saya akan memberikan sedikit tips agar kelinci dapat berumur panjang. 

Tips memelihara kelinci

My bunnies had babies! So cute! :)” Demikian komentar si ratu sosialita Paris Hilton dalam akun twitter-nya beberapa waktu yang lalu. Ya, meskipun tren hewan peliharaan terus berputar; dari iguana, lou han, sampai landak, kelinci tetap menjadi pilihan favorit keluarga. 

Biaya perawatannya relatif murah jika dibandingkan dengan anjing atau kucing. Selain itu, sosoknya yang menggemaskan menjadi alasan kelinci selalu populer. Berdasarkan sebuah riset pada 2009 lalu, kelinci adalah hewan peliharaan favorit keempat setelah kucing, anjing, dan burung.

Bahkan, Negara China menjadikan hewan kelinci sebagai simbol panjang umur. Masyarakat China percaya, bahwa kelinci merupakan hewan yang diajak dewa penunggu bulan untuk menemaninya. Dewa penunggu bulan mengajak kelinci karena menilai hewan ini merupakan hewan yang paling baik. Kisah ini berawal dari mitos zaman dulu yang tetap terkenal hingga sekarang, terutama di negara China. Mitos inilah yang mendasari kenapa kelinci menjadi simbol panjang umur.

Lain mitos, lain pula kenyataannya. Di berbagai negara, kelinci panjang umur adalah mustahil, karena kelinci identik sebagai hewan lemah yang mudah sakit. Cukup jamak kita temui kasus kelinci mati padahal baru beberapa hari dibawa pulang. Pada dasarnya umur seekor kelinci memang pendek, yakni hanya mampu bertahan hidup maksimal 12 tahun, itu pun sangat jarang sekali terjadi.
Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar kelinci panjang umur. Salah satu cara adalah dengan memerhatikan kebiasaan, pola makan, dan kesehatannya. Berikut adalah tips lengkap yang bisa dilakukan agar kelinci panjang umur.
Kelinci Lop

1. No Junk Food, No Cry

Mengonsumsi makanan instan atau junk food setiap hari bisa mengurangi umur hidup manusia-dan ternyata demikian juga dengan kelinci. Jika si kuping panjang hanya mendapat dry food alias makanan kelinci pabrikan setiap hari, maka nutrisinya tidak akan terpenuhi dengan baik.
Ya, dry food yang banyak dipromosikan, baik berupa makanan kelinci ataupun makanan hewan peliharaan lainnya memang mengandung gizi yang tainggi. Namun, ada beberapa nutrisi dari alam yang tidak mungkin ditemukan dalamdry food tadi. Jadi, sebaiknya pemberian dry food ini harus dikombinasikan dengan pemberian sayur dan buah yang memang masih dalam kondidi segar.
Ketika Anda mengombinasikan dry food dengansayur atau buah, mungkin banyak kelinci yang menyukai dry food, namun seandainya Anda perhatikan jumlah makanan yang lebih banyak dikonsumsi tentunya adalah sayur atau buah. Karena bagaimanapun makanan yang paling cocok agar kelinci panjang umur adalah sayuran dan buah segar.

2. Jangan Asal Pegang

Jika ingin memiliki kelinci panjang umur, perhatikan cara Anda memegangnya. Untuk menghindari cedera dan syok, kelinci Anda harus dipegang dengan benar. banyak yang beranggapan bahwa cara memegang kelinci sangat mudah, yakni tinggal mengangkat telinganya yang panjang itu. Padahal, para pakar kelinci menyarankan kepada pemelihara kelinci agar jangan pernah mengangkat kelinci dengan telinganya!
Cara seperti itu hanya akan membuat kelinci cedera dan merasakan kesakitan. Cara mengangkat kelinci yang benar adalah tangan kanan menopang bokong kelinci dan tangan kiri menopang dada. Ini pun harus dilakukan oleh orang yang sudah dikenal oleh kelinci Anda, karena jika tidak ia akan panik dan trauma. 

3. Jadwal Makan

Mungkin di mata Anda kelinci yang gembul seperti bola itu lucu. Terlebih dengan melihat cara makannya yang super rampus, pemelihara akan senang memberi kelinci makan. Akan tetapi, risiko kesehatan yang harus ia tanggung sangat berat. Pada dasarnya, setiap kelinci makan besar pada saat matahari terbit dan terbenam. Yap, dua kali sehari. perhatikan jadwal makan ini dengan benar. Terlalu banyak memberi makan kelinci dapat berujung pada obesitas. 
Selain itu, saat mengganti makanannya, jangan tumpuk makanan baru di atas sisa lama. Kelinci tidak perlu diberi vitamin tambahan kecuali ia baru sembuh dari sakitnya, hamil-melahirkan-menyusui, atau stres. Kebanyakan vitamin malah bisa jadi penyakit untuk kelinci. Agar kelinci panjang umur, Anda harus mengetahui pola makan kelinci ini dengan baiak.

4. Mati Ketakutan

kelinci adalah hewan sensitif dan ia benar-benar bisa mati ketakutan. Ingat selalu telinganya yang panjang. Jadi, jauhkan ia dari sumber suara yang mengagetkan, seperti motor, musik cadas, atau jeritan anak-anak. Jauhkan ia dari ruangan yang suhunya berubah-ubah. Jangan letakkan ia di bawah sinar matahari.
Diangkat atau digendong dengan kasar atau mendadak juga bisa membuat kelinci stres. Kehadiran hewan lain yang lebih dominan bisa membuatnya ketakutan setengah mati. Selain itu, mengingat indra penciumannya yang super-peka, jangan menyemprotkan parfum atau bahan kimia tajam apa pun di dekatnya.

5. Hangout Time

Jika Anda meletakkan kelinci dalam kandang, pastikan ia punya waktu jalan-jalan minimal 2 jam per hari. Sebagaimana pemiliknya, jika terus terusan berada di rumah tentunya sangat membosankan. Demikian halnya dengan kelinci, sebaiknya lepaskan sejenak kelinci Anda dari kandangnya. Perhatikan juga hal ini saat melepasnya: pastikan tidak ada kabel menjuntai (ya, kelinci Anda pasti menggigitnya), karpet, atau tanaman beracun di sekitarnya.
Makanan-makanan yang tidab boleh diberikan kepada kelinci, di antaranya Kacang-kacangan, Bit, kol, Daun/biji/tanaman kopi dan teh, Jagung, Bawang (bawang merah, bawang Bombay, bawang putih), Rebung, Bayam (mengandung kadar kalsium oksalat yang tinggi), Sawi, Kentang, Terong, dan daun tomat. Makanan-makanan tadi memang banyak yang tergolong ke dalam sayuran, namun semuanya itu tidak cocok untuk kelinci. Jika makanan-makanan ini termakan, mustahil kelinci panjang umur.

6. Tinggal di Mana?

Bayangan romantis mengenai kelinci yang berlompatan bebas di padang rumput tentulah sangat indah. Melihat kelinci kesayangan merasa bahagia menghabiskan sebagian hidupnya di padang rumput tentu sangat menyenangkan. Namun ,segera lupakan banyangan tersebut. Kelinci domestik alias peliharaan akan hidup lebih lama jika dipelihara di dalam rumah.
Kenapa? Kesehatannya lebih terjaga, terhindar dari risiko stres yang tidak perlu ("berkenalan" dengan kucing tetangga saat jam makan siang, misalnya), cuaca (kelinci tidak tahan udara panas), dan lingkungannya pun lebih bersih (kecuali jika lantai ruang keluarga Anda ternyata sejorok kebun). 

7. Bawalah kelinci ke dokter hewan

Bawa kelinci ke dokter hewan sesegera mungkin setelah Anda mendeteksi gejala sakit (diare, flu, kutu, dll). Banyak penyakit kelinci yang sebenarnya mudah diobati, tetapi karena terlambat ditangani malah menimbulkan kematian.
kelinci yang disterilisasi juga akan hidup lebih sehat, lama, dan lebih kalem. Intinya, perawatan dan kebersihan akan membuat kelinci Anda lebih sehat dan hidup lebih lama. Memang, biaya pengobatan hewan peliharaan dirasa masih agak mahal. Namun, jika Anda sudah merasa cinta kepada hewan peliharan, maka hewan-hewan itu pun tentunya akan dianggap sebagai salah satu bagian keluarga, bukan?

sekian yang dapat saya sampaikan mengenai beberapa tips yang akan menjadikan kelinci panjang umur. Semoga bermanfaat bagi kita semua :)


Artikel lain yang mungkin anda cari,:

14 komentar:

Unknown said...

mas bro yg pertama gw ucapin makasih atas infonya,yg kedua gini bro kok di web yg berbeda itu malah menyarankan biji biji an di pagi hari,itu yg benar gimana ya bro??

catatan said...

Ya gan tulisan di atas menyebutkan bahwa biji bijian atau kacang kacangan disarankan agar tidak diberikan, kita tau bahwa kacang mengandung lemak, dan kelinci juga membutuhkan makanan dgn cukup kadar air dan gizi dr makanan, dan kelinci juga membutuhkan serat untuk mencerna makanan

Unknown said...

Kelinci aku kulit nya kegunting 😭
Cara pengobatan yang benar bagaimana ??
Apakah setelah itu dia akan mati atau bagaimana ?

ibdah said...

maaf nih sebelumnya kata di blog yang lain sawi bagus untuk kelinci.. yang benar yang mana

pepyptr_ said...

Saya mau bantu jawab.. sawi itu sebenarny ga baik untuk kelinci karna sawi mengandung banyak air.. kelimci saya dlu pertama kali saya beri sawi,dan dia malah mati.. setelah saya konsul ke dr. Hewan,ternyata dia kembung dan akhirny mati

pepyptr_ said...

Saya mau bantu jawab.. sawi itu sebenarny ga baik untuk kelinci karna sawi mengandung banyak air.. kelimci saya dlu pertama kali saya beri sawi,dan dia malah mati.. setelah saya konsul ke dr. Hewan,ternyata dia kembung dan akhirny mati

RIKA said...

Kelinciku si tayo minggu kemaren lumpuh total krn digigit kucing, aku kasih vitamin B komplex trus kasih parutan jahe ditempelin di bagian tubuhnya yg digigit dan terus2an dikasih susu..jus atau air putih akhirnya sekarang udah lompat2 lg...cuma klo makanan yg boleh untuk kelinci apa donk selain wortel dan buah2an?

RIKA said...

Kelinciku si tayo minggu kemaren lumpuh total krn digigit kucing, aku kasih vitamin B komplex trus kasih parutan jahe ditempelin di bagian tubuhnya yg digigit dan terus2an dikasih susu..jus atau air putih akhirnya sekarang udah lompat2 lg...cuma klo makanan yg boleh untuk kelinci apa donk selain wortel dan buah2an?

Unknown said...

Gan kelinci saya digigit pas bagian leher dan rahang ny...gimana ya cara oenanggulangan ny

Unknown said...

Kangkung mas, aku tiap hari kasi kangkung kelinci ku sehat

Unknown said...

Dikasi Betadine dan perban biar ga infeksi

Unknown said...

Dikasi Betadine dan perban biar ga infeksi

Unknown said...

Setau aku kelinci jangan di kasih kangkung,aku pernah di kasih tau dr hewan, paling peletnya sama rumput hay, minum jangan tertinggal, selain itu boleh di kasih buah tp jangan asal buah

Unknown said...

Klinci ku habis mati ..kmrin sakit kulit sudah saya suntik sembuh. Nah pas hujan dia main dluar kmgkinN masuk angin

Post a Comment