Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Manfaat dan Kandungan Gizi Mentimun

Kandungan Gizi pada Mentimun.
Apa saja manfaat dari mentimun? Apa saja Kandungan Gizi pada mentimun? Apakah mentimun baik untuk perawatan wajah? Disini saya akan membahas mengenai kandungan pada mentimun.
Untuk Anda semua yang menyukai bermacam-macam buah-buahan, Munkin anda juga harus menyukai buah yang satu ini. Buah mentimun atau Anda lebih sering mendengarnya dengan nama buah ketimun. Buah tersebut mempunyai nama latin yaitu Cucumis sativus.

manfaat dan kandungan gizi buah mentimun
Buah Mentimun


Sebagian besar orang pasti menyukai buah yang satu ini. Ketimun seringlah kita jumpai berbagai macam hidangan contohnya, di hidangan salad, acar, terutama timun juga selalu hadir di hidangan lalapan khas sunda. Buah ini mempunyai kandungan air yang cukup tinggi.

manfaat mentimun untuk wajah
Dalam perawatan wajah, kita dapat menggunakan potongan dari buah ketimun dipakai untuk membuat wajah terasa lebih segar dan tidak kering. Bukan hanya itu, buah ketimun juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah ketimun atau buah mentimun termasuk dalam suku labu-labuan, buah ini mempunyai nutrisi yang sangat banyak dalam membantu Anda menjaga kesehatan tubuh Anda. Jadi Anda harus tahu manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari buah ketimun ini.

Bagi Anda yang sedang sakit, misalnya anda sakit karena demam yang tinggi, pasti makanan apapun yang masuk ke dalam mulut Anda akan terasa pahit. Namun, coba saja dengan memakan buah ketimun (buah mentimun". Walaupun lidah Anda menolak semua makanan, lidah Anda tidak akan menolak timun. Ini disebabkan karena rasanya yang menyegarkan.
Buah mentimun

Untuk mencari buah kentimun sangat mudah. Anda bisa mendapatkannya di pasar, supermarket dan tempat lainnya. Kentimun bukan hanya untuk bahan pelengkap dalam lalapan tetapi juga bisa dipakai untuk membuat minuman yang segar. Karena kesegaran yang terkandung dalam buah kentimun sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda.

buah mentimun atau ketimun pertama kali dibudidayakan di India bagian utara. Timun bisa dibudidayakan di dataran tinggi juga rendah.
Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang pertumbuhannya sangat banyak di dunia setelah tomat, kubis dan juga bawang. Sayuran ini juga bisa ditemui di hampir semua penjuru dunia.


Manfaat Timun untuk Kesehatan

ternyata Mentimun memiliki banyak manfaat, berikut ini adalah manfaat dari mentimun:

1. Untuk Perawatan Kulit

Mentimun dapat digunakan untuk perawatan kulit. Sifat diuretic yang terdapat di dalam buah ketimun memberikan manfaat bagi kulit sebagai pembersih juga sebagai efek pendingin pada wajah. Kandungan yang terdapat pada buah ketimun bukan hanya air yang tinggi melainkan juga ada vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silica.

Begitu banyaknya manfaat yang dimiliki oleh buah ketimun berarti cocok digunakan untuk perawatan wajah. Biasanya dalam masker wajah juga terdapat sari mentimun yang fungsinya untuk mengencangkan kulit. Bila mata Anda mengalami pembengkakan pakailah buah ketimun, karena mengandung Asam askorbat dan asam caffeic. Kandungan ini dapat menurunkan tingkat retensi air

2. Fungsi Pencernaan

Banyak masalah dari pencernaan yang menimbulkan berbagai penyakit, di antaranya maag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak. Agar penyakit tersebut dapat segera sembuh, seringlah mengonsumsi jus mentimun ini. Buah ketimun ini mengandung benyak serat yang fungsinya adalah mengusir racun pada sistem percernaan Anda. Untuk Anda yang juga mempunyai sembelit, ketimun obat yang ampuh untuk mengobatinya.

3. Kesehatan Sendi

Silika yang terkandung di dalam buah ketimun ini dapat memperkuat jaringan ikat yang ada pada tubuh Anda sehingga kesehatan atas sendi Anda akan terjaga.

4.  Pencernaan Protein

Kandungan enzim erepsin dalam buah ketimun ini dapat membantu Anda dalam memperlanjar pencernaan protein dalam tubuh.

5. Tekanan Darah

Untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh Anda tetap normal, maka konsumsilah buah ini,  karena timun memiliki kandungan potasium, magnesium, dan serat.

6. Membunuh Cacing Pita

Semua bagian dalam buah ketimun ada manfaatnya termasuk pada biji ketimunnya. Untuk anak Anda yang cacingan ini adalah obat alaminya. Karena buah ketimun ini dapat dipakai membersihkan saluran usus agar tidak ada lagi cacing pita yang ada di dalam tubuh. Antiinflamasi yang ada di dalam biji ketimun ini bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan yang ada di tenggorokan maupun di hidung.

7.  Perawatan pada Kuku

Ternyata kandungan silica yang ada pada buah ketimun bisa dipakai dalam perawatan kuku. Buah mentimun akan mencegah rusak dan pecahnya kuku-kuku di bagian jari tangan maupun jari kaki.

8. Mengatasi Penyakit Rematik Juga Encok

Untuk Anda yang menderita rematik juga encok buah ketimun ini sangat cocok. Karena kandungan vitamin B1, A, C, D dan B6 serta magnesium, kalsium, dan folat nya baik untuk Anda. Bila Anda mencoba untuk mencampurkan jus dari buah ketimun ini beserta wortel, ini adalah resep yang paling bagus untuk mengurangi atu bahkan mengobati rematik dan encok.

9. Mengobati Sakit Gigi dan Gusi

Banyak penyakit mulut yang timbul di bagian gusi dan gigi. Apalagi penyakit yang namanya pyorrhea. Penyakit ini ternyata bisa diobati dengan khasiat yang ada di dalam buah ketimun bila dikonsumsi dalam bentuk jus. Namun dengan memakan buah ini secara langsung, hal ini juga dapat menetralisasi basa serta asam pada bagian rongga mulut dan meningkatkan air liur.

10. Diabetes

Untuk Anda yang menderita penyakit diabetes, timun juga sangat baik. Sintesis insulin alami yang ada di dalam tubuh Anda membutuhkan kandungan yaitu mineral mangan. Dan kandungan ini ada di buah ketimun.

11. Perawatan Ginjal

Untuk Anda yang bermasalah pada ginjal dan kandung kemih, timun sangat bagus. Kandungan air yang ada di dalam buah ketimun ini dapat memperbaiki fungsi ginjal dan memperlancar proses urinasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh dokter, buah ketimun ini memang menjadi bahan alami yang sangat cocok dalam mengobati banyak masalah kesehatan.

12. Suburkan Rambut

Silika yang ada pada buah ketimun ini dapat membantu menyuburkan rambut. Jus buah timun yang dicampur dengan wortel, bayam, dan selada akan membantu penyuburan rambut. Silika terdapat dalam jaringan ikat di dalam tubuh. Senyawa ini membantu pertumbuhan rambut sehingga jika rajin mengonsumsi makanan mengandung silika, Anda akan memiliki rambut yang bagus dan tulang yang sehat.

Manfaat lain dari buah mentimun 
Manfaat lainnya dari buah ini adalah:
  •     Perawatan wajah
  •     Untuk pembasmi hama
  •     Mengobati penyakit hipertensi
  •     Menghilangkan detoks maupun racun
  •     Melangsingkan tubuh
  •     untuk Obat selulit
  •     Obat diare
  •     Panas dalam
  •     Sebagai obat dari penyakit tipus
  •     Dapat membantu kelancaran saat kencing
  •     Dapat membunuh bakteri
  •     Menghilangkan belatung yang ada di makanan
  •     Sebagai pencegah kanker >> artikel tentang kanker <<
  •     Menghentikan kram yang muncul
  •     Membantu mencegah keriput pada kulit
  •     Untuk meredakan gejala penyakit maag
  •     Mengurangi pembengkakan di sekitar mata
  •     Dipakai untuk obat luka tukak
  •     Membuat sendi yang ada pada jaringan ikat kuat
  •     Pencernaan yang bentuknya protein akan semakin lancar
  •     Cacing pita yang ada di usus akan mati
  •     Reumatik dan encok dapat di atasi
  •     Kuku akan terhindar dari kerusakan
  •     Sakit di gusi dan gigi dapat diatasi
  •     Penyakit diabetes dapat dikurangi bahayanya
  •     Membuat mahkota rambut indah
  •     Kolesterol dapat diatasi, dan
  •     Berat badan kita akan tetap terjaga

Kandungan Gizi pada Mentimun

Kandungan yang terdapat di buah ketimun ini diantaranya adalah  0,65 % protein, 0,1 % lemak serta karbohidrat yang ada adalah  2,2 %. Selain itu juga terdapat kandungan, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin b, vitamin a, vitamin c dan vitamin B2.

Selain itu di dalam buah ketimun juga terdapat  35.100 – 486.700 ppm asam linoleat yang termasuk dalam suku cucurbitaceae. Pada umumnya kemungkinan yang paling banyak ditemui adalah senyawa yang mengandung kukurbitasin pada buah ketimun tersebut. Aktivitas sebagai anti tumor terdapat dalam senyawa yang bernama kukurbitasin

Ada lagi manfaat lain yang terdapat dari buah mentimun ini. Antara lain adalah sebagai berikut:

Jenis hipoxanti yang termasuk racun koloid juga terdapat di dalam buah ketimun ini. Untuk anak, racun yang ada di dalam buah ketimun ini bisa mengobati cacingan anak Anda

Ketimun juga bisa digunakan sebagai obat bila suara dari mulut Anda sulit dikeluarkan atau karena ada sakit pada tenggorokan.

Berat badan juga bisa turun akibat pusing yang dialami dengan mengonsumsi buah ini baik dengan cara dimasak atau secara langsung. Untuk Anda yang menderita penyakit disentri juga bisa mengobati dengan buah ketimun ini.

Untuk mendapatkan ramuan kecantikan dari bahan alami juga bisa Anda dapatkan dari buah ketimun ini. Caranya bersihkan terlebih dahulu buah ketimun lalu Anda parut. Selain itu timun juga digunakan untuk menurunkan panas. Caranya mudah, cukup parut dan kompreskan pada kening.

Nah, manfaat timun cukup bnyak, bukan? 
Mulai sekarang jangan lagi menganggap sebelah mata buah ini. Ayo cepat konsumsi buah ini agar mencegah Anda dari berbagai penyakit.

Artikel Lainya
Tips kesehatan

Semoga bermanfaat, :)
semoga kita semua dapat mengetahui manfaat buth mentimun dan apa saja kandungan buah mentimun :)
http://note-why.blogspot.com/2012/09/manfaat-dan-kandungan-gizi-mentimun.html


Artikel lain yang mungkin anda cari,:

0 komentar:

Post a Comment