Hi quest ,  welcome 

Pengenalan Dbase IV (Makalah Dbase IV)

Pengenalan Dbase IV (Makalah Dbase IV), Dbase IV, Dbase 4, Dbase4, Pengertian Dbase IV


KATA PENGANTAR

Bismillahhirrohmanirrohim.

Dengan  memanjatkan  do'a  dan  puji  syukur  kehadirat  Allah SWT  serta  sholawat serta  salam  tercurahkan  ke junjungan kita Nabi Muhammad SAW,  sehingga penulis dapat
menyelesaikan tugas dengan tema  pengenalan dbase4.
Adapun penulisan makalah ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari segala pihak yang  membantu terselesaikannya makalah ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan,
maka dari itu penulis mengharapkan sumbangan pikiran, pendapat serta saran ± saran yang berguna demi penyempurnaan makalah ini.  Semoga Persentasi  ini dapat berguna dan bermanfaat  bagi pembaca..
Pengenalan Dbase IV
Daftar Isi:
Kata Pengantar
Daftar isi
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Sejarah dan Perkembangan
BAB III
3.1. Modus Kerja Dbase IV
3.1.1. Modus Interaktif
3.1.2. Modus Program

3.1.2.1 Jenis-Jenis File
3.2. Perintah-perintah Dasar dBase
3.3. Fungsi-fungsi dBASE
Kesimpulan dan Saran
Daftar Pusaka


BAB I
PENDAHULUAN


1. Latar Belakang
Sampai beberapa tahun ini, penanganan bank data besar masih dilakukan pada computer besar. Terobosan  pada komputer pribadi (PC)  merupakan pengembangan teknik yang merupakan penanganan data data relasional. Bentuk bank data ini ditandai dengan penyimpanan data data ke elemen - elemen yang terpisah.Data dapat digabungkan dan diperhubungkan kembali. dBASE merupakan program bank data serupa untuk komputer pribadi.

Dengan adanya program pengolah data, dibuat suatu program bank data untuk komputer pribadi dalam bentuk miniaturisasi dari komputer besar. Pengunaan bank data menjadi meningkat yaitu pada file-file pasien,langganan,hotel sampai ke penanganan ilmu pengetahuan.


Penggunaan sentral dokumen statis pada komputer besar dikembangkan menjadi penanganan dat yang dinamis.Ciri cirri banj data modern adalah adanya teknik teknik pemerluassan dan perhitungan secara individu. Dengan demikian pemakai dapat menentukan sendiri,  data mana yang akan dipanggil dan bagaimana hubungannya serta penyelesaiannya. Tujuan dan system manajemen bank data adalah penggunaan yang fleksibel untuk berbagai macam situasi kerja dan tuntutan individu.

·         dBASE adalah program yang paling terkenal diantara program bank data rasipnal lainnya. Seperti diketahui dBASE mempunyai dua kemungkinan pelayanan, yaitu:
- Command oriented, dimana perintah perintahnya diketikkan melalui perintah titik (dot prompt);
- Task oriented, dimana perintah dapat dilakkukan melalui pilihan menu
(control center).
Dengan dBASE IV,  Ashton-Tate memperbaiki kedua pelayanan diatas.

·         Ciri-ciri dBASE IV adalah :
- Pengembangan program yang lebih luas
- Kenyamanan penggunaanya karena adanya permukaan menu yang baru.

·         Tujuan pembaharuan permukaan pelayanan adalah untuk mempermudah pemakaian program. Pengembangan dari dBASE II dan dBASE III Plus adalah segi task oriented-nya.Semula task oriented terbatas kemampuannya dan tidak dapat menggantikan keberadaan dari command oriented.

dBASE IV menerobos masalah keterbatasan tersebut, dengan cara menyediakan permukaan pemakaian system menutertutup.Sistem kmenu tersebut sama dengan penggunaan dot prompt.  dengan sistem menu ini seluruh kemungkinan yang terdapat dalam dBASE IV dapat digunakan tanpa pengetahuan bahas pemrogaman. Secara bersamaan, dapat dibuat sekaligus file-file yang dibuat melaluli system menu ataupun dengan perintah dot prompt.dBASE IV dapt digunakan lebih mudah dan kualitas pemakaiannya sangat baik.Dengan program generator dBASE IV,dapat dibuat menu untuk pemakai yang dapat dikendalikan. Bagi pemakai yang belum berpengalaman,  program tersebut dapat dipakai dengan mudah dan bagi para pemakai yang sudah berpengalaman dapat bekerja seperti biasanya.
1.1. Apa yang baru pada dBASE IV ?
1. ControlCenter: ( pengendalian program sentral melalui menu).
2. QBE(Query-by-Example). ( Suatu teknik bertanya pada file- file bank data.)
3. Fungsi-fungsi layout yang diperluas untuk membuat forms,reports,labels.Penampilan layout 1:1 pada saat dicetak (what you see is what you get).
4. Fungsi-fungsi pengolah katayang diperluas.
5. Lebih banyak perintah dan fungsi.
6. SQL (=Structured Query Languange):
Bahasa Tanya jawab dari komputer besar sebagai alternative untuk perintah-perintah dBASE.
7. Program generator:
Pengembangan program melalui pengendalian menu.
8. Modul-modul terprogram:
Bagian penggunaan yang diringkas dari program generator
9. Pengembangan instrument-instrumen baru:
Compiler untk menerjemahkan program-program dari dBASE ke bahasa mesin, linker untuk meringkas beberapa file objek menjadi satu,sepeti suatu program untuk mengmbangkan printer card.
10. Kemungkinan-kemungkinan untuk network.
BAB II
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN DBASE IV


2.1. Penurunan dan jatuh dBase IV (1988-1990)
Ashton-Tate telah menjanjikan versi baru dari lini produk dBASE inti dimulai sekitar tahun 1986.. Versi baru ini akan menjadi lebih kuat, lebih cepat, lebih mudah untuk membuat database dengan, peningkatan indeks, networkable, dukungan SQL internal maupun berinteraksi dengan SQL Server, dan akan mencakup kompilator. Ashton-Tate dBASE IV mengumumkan pada bulan Februari 1988 dengan rilis yang diantisipasi ditetapkan untuk bulan Juli tahun itu.. dBASE IV akhirnya dirilis pada bulan Oktober 1988 sebagai dua produk: Standar dan Pengembang  edisi.


Sayangnya, dBASE IV baik lambat dan sangat buggy. Bugs tidak sama sekali yang mengejutkan dalam update produk utama, sesuatu yang biasanya dapat diperbaiki dengan "dot-satu" rilis sebelum terlalu banyak kerusakan yang dilakukan. Situasi ini pernah terjadi dengan dBASE III misalnya, dan Ashton-Tate dengan cepat memperbaiki masalahNamun sejumlah isu berkomplot untuk membuat dBASE IV 1,0 merilis sebuah bencana.
• Untuk satu, sementara dBASE IV tidak termasuk kompiler, itu bukan apa komunitas pengembang yang diharapkan. Masyarakat yang sedang mencari produk yang akan menghasilkan berdiri sendiri, kode dieksekusi, mirip dengan Clipper.. Yang dBASE IV kompilator tidak menghasilkan kode obyek, tetapi masih diperlukan dBASE IV lengkap produk untuk menjalankan hasilnya. Banyak yang percaya bahwa Ashton-Tate dBASE IV dimaksudkan untuk bersaing dengan dan menghilangkan pengembang pihak ke-3. Pengumuman saja berbuat banyak untuk mengacaukan kehidupan berbagai penulis kompilator.
• Namun lebih bermasalah adalah ketidakstabilan program. Skala penuh dari masalah hanya menjadi jelas karena lebih banyak orang berusaha untuk menggunakan produk, terutama mereka yang meng-upgrade ke versi baru. Bug itu begitu banyak sehingga sebagian besar pengguna menyerah, mengundurkan diri untuk menunggu sebuah titik-satu rilis.. Seperti tersiar kabar, penjualan merosot sebagai pengguna yang ada memilih untuk menunda upgrade mereka, dan pengguna baru memilih untuk mengabaikan produk.


Tidak satu pun dari masalah-masalah ini akan, dengan sendirinya, membunuh produk. dBASE sudah sangat besar dan berikut nama baik pengakuan. Semua yang diperlukan adalah pembaruan yang membahas masalah Pada saat dirilis, ada konsensus umum dalam Ashton-Tate bahwa bug-fix versi akan dibebaskan dalam waktu enam bulan dari rilis 1.0. Kalau itu terjadi, pengguna setia mungkin lebih menerima produk.

Alih-alih melakukan itu, Ashton-Tate manajemen bukannya mengalihkan perhatian mereka ke generasi berikutnya dari aplikasi, kode bernama DiamondDiamond menjadi baru, lini produk terintegrasi yang mampu berbagi data set besar di seluruh aplikasi. Upaya ini telah berlangsung selama bertahun-tahun dan sudah memakan banyak sumber daya di perusahaan Glendale, Torrance, Walnut Creek dan Los Gatos (Pusat Produk California Utara) kantor. Namun, setelah itu menjadi jelas bahwa Diamond sudah bertahun-tahun jauh dari menjadi sebuah produk, dan dengan ulasan miskin dan penjualan tergelincir  dBASE IV 1.0, Ashton-Tate kembali fokus untuk memperbaiki dBASE IV.
Sudah hampir dua tahun sebelum dBASE IV 1,1 akhirnya dikirim (pada bulan Juli 1990).
Selama ini banyak pelanggan yang mengambil kesempatan untuk mencoba legiun dBASE klon yang muncul akhir-akhir ini, terutama FoxBase dan Clipper.
Penjualan dBASE turun drastis.. Perusahaan memiliki sekitar 63% dari keseluruhan pasar database pada tahun 1988, dan hanya 43% pada tahun 1989. Dalam empat kuartal terakhir sebagai sebuah perusahaan, Ashton-Tate kehilangan hampir $ 40 juta. Pada bulan Agustus 1989, perusahaan diberhentikan lebih dari 400 dari 1.800 karyawan. [3] Microsoft kemitraan untuk sebuah versi SQL Server dBASE disebut juga datang untuk apa-apa, sebagai dBASE pernah bekerja dengan baik dalam lingkungan ini, dan akhirnya dirilis Microsoft Access dalam peran ini selain.

BAB III

3.1. Modus Kerja Dbase IV
Dalam pengoperasian dBase ada 2 cara dalam penggunaan fasilitas yang ada yaitu :

3.1.1. Modus Interaktif

3.1.2. Modus Program

3.1.2.1 Jenis-Jenis File Dbase IV

DBASE IV memiliki 9 jenis file, yaitu :
1. File Database (.DBF)
2. File Memo Database (.DBT)
3. File Format (.FMT)
4. File Report (.FRM)
5. File Label (.LBL)
6. File Memori (.MEM)
7. File Indeks (.NDX)
8. File Program (.PRG)
9. File Teks (.TXT)


3.2. Perintah-perintah Dasar dBase

Ø Merubah Struktur Database
MODIFY STRUCTURE atau MODI STRU 



Ø Mengcopy Struktur File
COPY STRUCTURE TO [] [FIELD ]
Proses penggandaan tersebut tidak diikuti dengan datanya

Ø Mengcopy File Dbase
COPY TO [(Scope)] [FIELDS (daftar field)]
[WHILE/FOR ]
Jika akan meng-copy struktur dan copy file database pastikan file tersebut aktif


Ø Mengcopy File
COPY FILE TO 


Ø Mengubah Nama File
RENAME TO 


Ø Menghapus File
DELETE FILE 
Dalam proses copy file, rename & delete file ini harus jelas extensionnya, karena proses tersebut tidak hanya untuk file database saja


Ø Membuka File Database
Sebelum mengisi data, terlebih dahulu file database harus dibuka dengan
perintah :
.USE 


Ø Menutup File Database
File database yang aktif harus ditutup dengan perintah :
.USE


Ø Mengisi atau menambah data
.APPEND atau .APPEND[BLANK]
Penambahan data akan dilakukan pada posisi EOF (End Of File) dan otomatis EOF-nya akan turun lagi.


Ø Menyisipkan Data
.INSERT atau .INSERT [BLANK] [BEFORE]
Penyisipan akan diletakkan pada record setelah posisi pointer.


Ø Menghapus Data.
.DELETE [(scope)] [WHILE/For (kondisi)]
Bila tidak digunakan parameternya maka yang akan di delete adalah record pada posisi pointer.


Ø Membatalkan Penghapusan
.RECALL [(scope)] [WHILE/For (kondisi)]
Sama dengan Delete, jika tidak digunakan parameter maka yang akan dibatalkan adalah record posisi pointer


Ø Menegaskan Penghapusan
.PACK
Berbeda dengan perintah penyuntingan sebelumnya (selalu per record yang dituju), untuk perintah BROWSE memungkinkan, meneliti dan merubah data
sebanyak-banyaknya yang dapat dicakup layar.
Tombol yang dapat digunakan :
[CTRL]-A atau [HOME] : satu field ke kiri
[CTRL]-F atau [END] : satu field ke kanan
[CTRL]-Q atau [ESC] : batalkan perubahan
[CTRL]-W atau [CTRL]-[END] : simpan
[CTRL]-Y : hapus karakter dari posisi kursor
[CTRL]-B : gulung layar ke kiri
[CTRL]-Z : gulung layar ke kanan


Ø MencariRecord
.SKIP [exp N]
Ø Memindahkan Pointer Maju atau Mundur
.LOCATE [] FOR 


Ø Melihat Data
.DISPLAY / LIST [OFF] [(scope)] [daftar field] [WHILE (kondisi)] [FOR
(kondisi)] [TO PRINT]

OFF : Untuk menampilkan atau mematikan nomor record
SCOPE : terdapat 4 pilihan
RECORD n : hanya pada record ke n
NEXT n : sebanyak n record mulai dari pointer
ALL : semua record
REST : semua record setelah pointer
WHILE : dilakukan selama kondisi bernilai benar, berhenti
FOR : dilakukan selama memenuhi kondisi

Perbedaan :
LIST : Menampilkan data secara terus menerus
DISPLAY : Menghentikan penampilan data untuk setiap 20 baris

3.3. Fungsi-fungsi dBASE

1. Fungsi Integer berfungsi untuk membulatkan suatu bilangan
Sintaks :
INT (Ekspresi Numerik)
Contoh :
.? int(7.9)
7
.X=7.5
7.5
.? int(-2.1)
-2
.? int(X+2)
9

2. Fungsi String berfungsi untuk mengubah numerik menjadi karakter.
Sintaks :
STR ( [] [desimal])
Contoh :
.? str(15.49345)
15
.? str(15.500001)
16
Panjang : Panjang ekspresi numerik termasuk titik desimal
Desimal : Posisi desimal dalam ekspresi
3. Fungsi Substring berfungsi untuk mengambil beberapa karakter
Sintaks :
SUBSTR ( [] [number of chr])
Contoh :
.store “STMIK GUNADARMA” TO NAMA
.? substr(NAMA,7)
GUNADARMA
.? substr(“1853 4780 21245”,6,2)
47


4. Fungsi Val berfungsi untuk merubah karakter menjadi Numerik
Sintaks :
VAL (ekspresi karakter)
Contoh :
.? val(“ABCD”)
0
.? val(“12.456”)
12.456
.? val(“123ABC”)
123


5. Fungsi Length berfungsi untuk menghitung panjang karakter
Sintaks :
LEN (ekspresi karakter)
Contoh :
.? len(“XYZ”)
3
.? len(“1234567”)
7
6
.? len(“ABC DE”)
6


6. Fungsi Log berfungsi untuk menghitung logaritma natural
Sintaks :
LOG (ekspresi karakter)
Contoh :
.? log(10)
2.30


7. Fungsi Round berfungsi untuk pembulatan numerik (sampai desimal angka)
Sintaks :
ROUND (ekspresi karakter, )
Contoh :
.? round(1.234567,2)
1.23
.? round(1.237654,2)
1.24

8. Fungsi Space berfungsi untuk membuat karakter blank sebanyak ekspresi numerik
Sintaks :
SPACE(ekspresi numerik)
Contoh :
.? “Halo”+space(5)+”Bandung”
Halo Bandung
.Kosong=4
.? “Univ”+space(Kosong)+”Gunadarma”
Univ Gunadarma

9. Fungsi SQRT berfungsi untuk mencari akar dari suatu ekspresi numerik
Sintaks :
SQRT (ekspresi numerik)
Contoh :
.? sqrt(16)
4
.store 100 to B
.? sqrt(B)
10


10. Fungsi Trim berfungsi untuk menghilangkan spasi yang terdapat di ujung karakter
Sintaks :
TRIM(ekspresi karakter)
Contoh :
.? trim(“Saya “)
Saya
.? trim(” saya ”)
saya
.? trim(“Halo “)+”Bandung”
HaloBandung

BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN


KESIMPULAN
Bahwa dbaseIV ini berisikan program yang lebih mudah untuk membuat database dengan, peningkatan indeks, networkable, dukungan SQL internal maupun berinteraksi dengan SQL Server, dan akan mencakup kompilator..

SARAN
Program ini di sudah termasuk manajement data modern di bandingkan dbase 3 ini lebih canggih. Jadi gunaka lah, namun program ini bila dijalankan masih lambat. Program ini harusnya dibuat agar lebih capat dalam pengaplikasian penggunaan.




DAFTAR PUSTAKA

1. Harvard Business School, Studi Kasus, Ashton-Tate, 0-387-146.
2. Chapman, Merrill R. (2006).. "Membuat Hari Ed". In Search of Stupidity: Over Twenty Years of High-Tech Pemasaran Bencana, Edisi Kedua. Apress. hal. 78. ISBN 1590597214.
3. Mace, Scott (8 Januari 1990), "Defending the Dbase Turf", InforWorld
4. . ^ Tate Publishing: membangun sebuah aftermarket, Soft-Surat, 1 Juni, 1989.
5. Howard, William (8 Mei 1989), "Penerbit Perikanan untuk Mandiri Ditulis Perangkat Lunak", Palm Beach Post . .
6. "Borland Deal Apakah Completed", The New York Times, 12 Oktober 1991
7. http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=enid&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Ashton-Tate
8. Dbase IV SISTEM MENU LENGKAP,Elex media komputindo,1991.
• dari Ed Esber's official website berisi sejumlah artikel dan kinerja keuangan
• Wawancara dengan Wayne Ratliff - berisi banyak catatan tentang sejarah awal dBASE


http://note-why.blogspot.com/2012/09/pengenalan-dbase-iv-makalah-dbase-iv.html


Artikel lain yang mungkin anda cari,:

0 komentar:

Post a Comment