Hi quest ,  welcome 

Tips Bepergian Bagi Ibu Hamil

Tips berpergian bagi ibu hamil

Tips Bepergian Bagi Ibu Hamil. Wanita hamil biasanya ragu-ragu untuk bepergian jauh baik dengan jalan darat menggunakan kereta atau mobil pribadi hingga jalan udara dengan pesawat. Namun jika dalam kondisi hamil anda memang diharuskan untuk melakukan perjalanan jauh sebaiknya persiapkan beberapa hal yang harus anda lakukan selama melakakukan perjalanan demi kenyamanan dan kesehatan anda serta bayi yang ada di dalam kandungan.
Berikut ini ada beberapa tips dan trick bagi ibu yang sedang hamil yang dapat anda coba agar perjalanan anda nyaman dan tidak mengganggu kondisi anda dan kandungan.


  • Pertama yaitu Banyak bergerak
Selama berkendara, baik dengan kereta, pesawat, bus ataupun mobil pribadi, wanita hamil memiliki resiko untuk mengalami pembekuan atau penggumpalan darah yang lebih tinggi dibandingan wanita yang tidak hamil. Oleh sebab itu, jika anda melakukan perjalanan yang jauh usahakan untuk berdiri dari kursi anda dan berjalan beberapa langkah setiap satu hingga dua jam sekali. 
Bila anda menggunakan mobil pribadi, jangan malas untuk berhenti setiap dua jam sekali anda berjalan-jalanlah selama 10 menit sebelum melanjutkan perjalanan anda. Selain itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih dan kenakan celana dari bahan stocking atau spandex untuk meningkatkan sirkulasi darah.

  • Sediakan camilan sehat
Sangat penting bagi wanita hamil untuk sering-sering mengkonsumsi makanan bernutrisi selama perjalanan. Tetapi sebaiknya anda tidak membeli makanan siap saji atau snack saja, namun siapkan bekal sendiri yang terjamin kesehatan dan nutrisinya. Makanan sehat disini tidak perlu makanan berat seperti nasi yang langkap dengan lauk pauknya, namun cukup beberapa camilan organic yang sehat seperti wortel rebus, pisang, apel, kacang-kacangan ataupun keju organic.

  • Kenakan sepatu yang nyaman
Jangan pernah menggunakan sepatu berhak tinggi saat anda hamil karena biasanya kaki ibu hamil akan menjadi bengkak karena adanya pelebaran pembuluh darah yang disebabkan oleh meningkatnya hormone progesterone di dalam tubuh. Untuk memastikan perjalanan anda menyenangkan, sebaiknya kenakan flat shoes atau sandal yang nyaman dan sedikit longgar.

  • Membawa bantal
Saat hamil, biasanya punggung dan pinggang belakang anda akan mudah terasa pegal. Nah, untuk mengatasinya tempatkan bantal kecil di kursi tempat anda duduk. Ketika bepergian dengan pesawat dan terlalu repot untuk membawa bantal sendiri, minta pada pramugari bantal tambahan. Menempatkan satu atau dua bantal di bawah kaki, di bawah perut dan di belakang punggung akan membuat perjalanan Anda terasa lebih nyaman.

  • Kenakan busana longgar
Sistem pencernaan akan bekerja perlahan saat wanita mengandung. Ini artinya, lebih banyak gas yang terakumulasi dalam perut. Saat pesawat lepas landas dan terjadi penurunan tekanan udara, gas di dalam tubuh akan bertambah dan membuat perut semakin besar. Kenakanlah pakaian yang longgar untuk mengantisipasi hal tersebut. Jangan lupa konsumsi makanan ringan dan minum banyak air.


Artikel lain yang mungkin anda cari,:

0 komentar:

Post a Comment