Hi quest ,  welcome 

Manfaat Kulit Manggis

Manfaat Kulit Manggis, Kandungan kulit manggis, 
Apa saja Manfaat dari kulit manggis. Buah manggis tak hanya segar dan enak saat disantap, kulit manggis juga memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan antioksidan di dalam buah manggis termasuk yang paling tinggi diantara buah-buah lainnya. Sehingga buah manggis sangat baik untuk mengobati penyakit mulai yang ringan hingga yang berat.
khasiat kulit manggis
Manfaat kulit Manggis
Buah manggis disebut juga queen of fruits atau ratunya buah. Tak heran, karena memang kandungan gizi di dalam buah manggis memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berbeda dengan buah lainnya, pada buah manggis tidak ada yang dibuang. Bahkan pada kulit manggis khasiatnya melebihi daging buahnya karena mengandung antioksidan paling tinggi.
Di dalam kulit manggis terdapat senyawa xanthone yang tergolong tertinggi daripada buah yang lain. Dengan kandungan xanthone 123,97 mg/ml, kulit manggis dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. Xanthone adalah subtansi kimia alami yang tergolong senyawa polyhenolic yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit. Xanthone memiliki manfaat untuk mengobati penyakit jantung, arteriosclerosis (plak pembulun darah), hipertensi dan trombosis.


Manfaat kulit manggis mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Kebanyakan orang hanya mengenal daging buahnya saja. Nama latin dari buah ini yaitu Garcinia mangostana L yang merupakan buah tropis. Orang luar negeri menyebutnya dengan sebutan Queen Tropical Fruits yang artinya adalah ratu buah-buahan dari negara yang beriklim tropis.
Setelah melalui penelitian oleh beberapa ilmuan ternyata kulit manggis mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Dari hasil penelitian, kulit manggis banyak sekali mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yaitu senyawa xanthone. Senyawa xanthone ini berguna sekali untuk menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya diabetes, kanker, radang, plasmodial, penyakit yang menyerang kekebalan tubuh dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur.
Manfaat Kulit Manggis
kulit manggis


Beberapa manfaat kulit manggis yaitu :

  • Zat antioksidan alami dari buah manggis sangat bermanfaat untuk memperbaiki jaringan sel tubuh sehingga kita bisa tampak terlihat lebuh muda.
  • Sifat antiproliferasi dan sifat apoptosis yang terdapat pada kulit manggis mampu menghambat dan menghancurkan sel-sel kanker.
  • Pakar nutrisi Amerika menyebutkan kalau kulit buah manggis juga bermanfaat untuk kesehatan gusi, gigi, mata, kulit, dan rambut.
  • Kulit buah ini juga mempunyai peranan penting dalam proses penyerapan, metabolisme protein dan karbohidrat sehingga berguna untuk membantu menjaga serta meningkatkan stamina.
  • Berfungsi pula untuk menyeimbangkan kadar hormon kirtosol sehingga kita tidak mudah stres dan dapat meningkatkan mood kita.
  • Zat antioksidan dan antimikroba dari buah ini dapat menetralkan asam lambung dan membunuh kuman serta bakteri yang ada didalam sistem pencernaan sehingga pencernaan kita tetap lancar.
  • Kulit manggis bermanfaat pula bagi kesehatan para pria karena dapat memperbaiki kualitas sperma dan dapat mencegah pembesaran prostat.
Ada beberapa cara mengolah kulit manggis agar kita mudah mengkonsumsinya, diantaranya adalah :
  1. Kulit manggis kita cuci bersih lalu direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan sampai tersisa 2 gelas. Lalu rebusan ini disaring untuk mendapatkan airnya dan siap dikonsumsi.
  2. Kalau ingin meminumnya secara instan, kita bisa membeli ekstrak kulit manggis di toko-toko. Ektrak yang kita beli diambil secukupnya kemudian dimasukkan kedalam gelas dicampur dengan air hangat, untuk menambah rasa manis sebaiknya tambahkan juga madu. Ektrak kulit manggis ini siap diminum.
  3. DR. Indah Yuliasih peneliti manggis dari Falkutas Tehnik Pertanian IPB juga membuat resep cara mengolah kulit manggis agar mudah untuk dikonsumsi. Caranya : kulit manggis dicuci bersih lalu kerok bagian kulit dalam sehingga terlepas dari kulit luarnya yang keras. Kemudian kulit manggis yang telah dikerok tadi bisa dicampur dengan biji manggis, tambahkan ethanol dan air dengan perbandingan 1 : 2. Campuran tersebut dihacurkan dengan menggunakan blender dan endapkan selama satu hari satu malam. Setelah itu, campuran tadi disaring agar ampas dan ekstrak xanthone kulit manggis dapat terpisah. Untuk memberikan rasa yang enak nan manis bisa ditambahkan dengan madu secukupnya. Sedangkan untuk memberi warna, bisa campurkan juga dengan ekstrak bunga rosela. Campuran kulit manggis tadi dipanaskan dengan suhu 90o – 95o C selama kurang lebih 10 menit agar ethanol menguap. Untuk pemyimpanan letakkan pada tempat bersuhu kamar. Bila hendak mengkonsumsinya, tambahkan air dan flavor anggur atau apel.
Beberapa cara diatas tidaklah sulit untuk dicoba. Maka dari itu sebaiknya kulit manggis jangan dibuang begitu saja. Marilah kita manfaatkan kulit manggis untuk kesehatan kita. Namun kita juga harus berhati-hati karena mengkonsumsi kulit manggis secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada organ tubuh (Liska Yunitasari) dalam bukunya “gempur 41 penyakit dengan kulit manggis”.
Berikut 34 Fakta khasiat kulit manggis :
1. Anti-fatigue (energy booster/memberi tenaga)
2. Powerful anti-inflammatory (prevents inflammation/anti peradangan)
3. Analgesic (prevents pain/mencegah sakit urat saraf) 4
. Anti-ulcer (stomach, mouth and bowel ulcers)
5. Anti-depressant (low to moderate/mencegah kemurungan)
6. Anxyolytic (anti-anxiety effect/mencegah kegelisahan, panik & cemas)
7. Anti-Alzheimerian (helps prevent dementia/mencegah penyegah Alzheimeria)
8. Anti-tumor and cancer prevention (shown to be capable of killing cancer cells/Mencegah kanker)
9. Immunomodulator (helps the immune system/system kekebalan)
10. Anti-aging (Anti penuaan)
11. Anti-oxidant ( Buang toxic/racun dalam badan)
12. Anti-viral (membunuh kuman)
13. Anti-biotic (modulates bacterial infections)
14. Anti-fungal (prevents fungal infections/infeksi oleh jamur)
15. Anti-seborrheaic (prevents skin disorders/ mencantikkan kulit)
16. Anti-lipidemic (blood fat lowering/membuang kolesterol)
17. Anti-atherosclerotic (prevents hardening of arteries)
18. Cardioprotective (protects the heart/untuk jantung)
19. Hypotensive (blood pressure lowering/merendahkan tekanan darah)
20. Hypoglycemic (anti-diabetic effect, helps lower blood sugar/ mengurangi gula dalam darah)
21. Anti-obesity (helps with weight loss/kuruskan badan)
22. Anti-arthritic (prevention of arthritis/cegah sakit tulang)
23. Anti-osteoporosis (helps prevent the loss of bone mass/tulang rapuh)
24. Anti-periodontic (prevents gum disease/cegah gusi berdarah)
25. Anti-allergenic (prevents allergic reaction)
26. Anti-calculitic (prevents kidney stones/cegah batu karang)
27. Anti-pyretic (fever lowering/rendahkan suhu badan)
28. Anti-Parkinson (penyakit saraf parkinson)
29. Anti-diarrheal (mencegah diare)
30. Anti-neuralgic (reduces nerve pain/sakit urat saraf)
31. Anti-vertigo (prevents dizziness)
32. Anti-glaucomic (prevents glaucoma/sakit mata)
33. Anti-cataract (prevents cataracts)
34. Pansystemic (has a synergistic effect on the whole body/Mengimbangi seluruh badan)
Manfaat kulit manggis dapat membantu menghancurkan semua penyakit dan memperbaiki antibody di dalam tubuh. Di dalamnya terdapat daya antioksidan yang luarbiasa untuk menangkal radikal bebas. Dibandingkan dengan buah yang lainnya, kandungan antioksidan kulit manggis juga jauh lebih tinggi.
Kandungan antioksidan tersebut membuat buah manggis dikatakah sebagai buah anti kanker. Kanker yang dapat diobati dengan kulit manggis ini antara lain, kanker payudara, kanker darah (leukemia), kanker lambung, kanker paru-paru, kanker kolon atau kanker usus besar dan kanker hati. Kulit manggis pun dapat dijadikan obat kemoterapi dan mengurangi dampak kemoterapi.


Kulit manggis dipercaya juga sebagai obat anti asma, alzheimer, jerawat, disentri, diare, sariawan, bronchitis, pneumonia, Parkinson, bisul, osteoporosis, HIV, asam urat, menurunkan kadar kolesterol, dan anti depresi, menekan perkembangan virus HIV sehingga penyebaran virusnya tidak meluas ke sel-sel yang lainnya.
Xanthone pada Kulit manggis pun dipercaya untuk membantu penurunan berat badan karena dapat menstimulasi beberapa lemak di dalam tubuh. Selain itu Kulit manggis pun bisa untuk mengobati ketegangan pada otot atau sendi.
Selain untuk kesehatan, manfaat Kulit manggis juga dapat mencegah penuaan dini. Pasalnya, kandungan antioksidannya dapat memperbaiki sel kulit yang telah rusak. Konsumsi ramuan atau jus Kulit manggis dapat membuat kulit terasa lebih kencang dan bersih. Andapun akan terlihat awet muda karena antioksidan super berfungsi menjaga dan memperbaiki se-sel tubuh yang rusak dan menjadi lebih baik. Tetapi untuk wanita hamil apalagi pada usia kehamilan di bawah enam bulan disarankan tidak mengonsumsi manggis, karena bisa berbahaya bagi janin yang ada dalam kandungan.
Untuk itu, jika anda menginginkan hari-hari anda jauh lebih baik, minumlah jus Kulit manggis setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan anda. Caranya? Cuci buah manggis hingga bersih, lalu masukkan semuanya ke dalam blender termasuk daging, kulit beserta bijinya. Haluskan dan tambahkan madu setelah itu. Kemudan jus manggis siap diminum.

sekian yang dapat saya sampaikan mengenai manfaat manfaat kulit manggis.
diranggum dari berbagai sumber acemaxs

Incoming search terms:

    khasiat kulit manggis, kulit manggis, manggis, kasiat kulit manggis, manfaat kulit manggis untuk kesehatan, kegunaan kulit manggis, khasiat kulit manggis untuk kesehatan, obat kulit manggis, herbal kulit manggis, kulit manggis khasiat, manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan, hasiat kulit manggis, jus kulit manggis dan khasiatnya, khasiat jus kulit manggis, manfaat kulit manggis, obat herbal kulit manggis, khasiat kulit buah manggis, manggis untuk obat, obat dari kulit manggis, manfaat jus kulit manggis (25)manfaat ace maxs (24)manfaat kulit manggis untuk kecantikan (22)khasiat manggis untuk kesehatan (20)Khasiat kulit manggis untuk kecantikan (19)khasiat manggis (18)acemaxs (18)kulit manggis obat (17)manfaat kulit manggis utk kesehatan (16)obat herbal manggis (15)manfaat manggis (15)keguna an buah manggis(12)khasiat kulit mangis (11)manfaat kulit manggis bagi kesehatan (11)buah manggis dan khasiatnya(11)manfaat manggis untuk kesehatan (10)kulitmanggis (10)manfaat kulit buah manggis (9)manfaat manggis untuk kecantikan (8)obat herbal dari kulit manggis (8)kandungan kulit manggis (8)kandungan gizi kulit manggis (7)manfaat kulit manggis untuk kanker (6)manggis sebagai obat (6)khasiat dan manfaat kulit manggis (6)khasiat buah manggis untuk jerawat (5)khasiat kulit manggis untuk menyembuhkan asma (5)khasiat herbal kulit manggis (5)manfaat buah manggis untuk kesehatan(5)manfaat antioksidan pada kulit manggis (5)manfaat acemaxs
http://note-why.blogspot.com/2012/10/manfaat-kulit-manggis.html

Artikel lain yang mungkin anda cari,: