Hi quest ,  welcome 

Info

Ingin Penghasilan Tambahan, disini saya akan memperkenalkan Sophie Paris, Banyak sekali keuntungan untuk mendaftar member di Sophie Paris,
Keuntungannya yaitu :
- Daftar member Gratis.
- No ID atau No kartu member aktif seumur hidup, artinya tidak ada perpanjangan no ID,
- Diskon 30% Untuk semua produk
- Sophie paris juga menyediakan Bebas ongkos kirim,
- Jika Aktif maka akan ada transfer tiap bulannya.
>> Yuk yang belum daftar bisa daftar isi datanya Klik link di bawah :)

Lampu LED, Lampu Masa Depan


Lampu LED memiliki efisiensi yang lebih banyak dibandingkan dengan lampu pijar/ tungsten, maupun lampu fluorescent. Lampu LED tidak menghasilkan panas seperti lampu pijar, tidak merusak kesehatan seperti lampu fluorescent,dan lebih tahan lama. 1 Watt lampu LED menghasilkan 100 lumen. Kekurangan lampu LED adalah masih mahal.
Lampu LED, sebenarnya sudah sangat akrab mendampingi masyarakat Indonesia sejak lama. Di televisi, radio, tape, kulkas, AC dan perangkat elektronik lainnya, lampu LED biasa dipakai sebagai indikator power, indikator volume, indikator panas, indikator dingin dan sebagainya. Di kalangan ahli elektronika, lampu LED lebih banyak dikenal sebagai sebuah dioda yang akan menyala jika ada arus yang melewatinya.

Kelebihan Lampu LED dengan lampu biasa

Lampu LED, lampu masa depan

Lampu LED - Lampu Hemat Energi

Kebutuhan energi yang begitu tinggi akhir-akhir ini telah memicu mahalnya harga bahan-bahan sumber energi. Tuntutan untuk menghemat energi termasuk listrik tidak bisa dibendung lagi. Di tangan kreativitas sang ahli, lampu LED pun sekarang telah berubah fungsi menjadi lampu penerangan hemat energi.

Daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan LED ini sangat kecil, sehingga sebuah batere arloji pun mampu membuatnya menyala dalam jangka waktu yang lama. Kalaupun lampu LED itu mati, yang harus diganti bukan lampu LED nya, namun hanya baterenya saja karena penggunaan yang terlalu lama. 1 watt lampu LED bisa menghasilkan cahaya 100 lumen. Daya tahan lampu LED jauh lebih besar daripada lampu neon atau lampu fluorescent.

Dalam keadaan normal, lampu LED mampu bertahan pada posisi menyala selama 36.000 jam, sedangkan lampu fluorescent terbaik sekalipun hanya mampu bertahan selama 6000 jam. Ini belum termasuk risiko pecah, arus pendek, arus singkat, fong dsb yang sering menjadi penyebab utama lampu fluorescent mati secara tiba-tiba sebelum waktu kadaluwarsanya tiba.

Selain itu, daya tahan lampu LED juga tidak terpengaruh oleh keadaan on – off baik karena saklar manual maupun karena rangkaian flip-flop (kerlap-kerlip). Sekali, fungsi LED hanyalah sebagai dioda yang akan menyala jika dilewati arus listrik (LED = Light Emiting Dioda).

Selain bisa menyala dengan arus DC atau arus searah, lampu LED juga bisa menyala dengan menggunakan arus AC atau arus bolak balik. Untuk menyalakan dengan arus DC, lampu LED bisa menggunakan sumber daya berupa baterai maupun adaptor. Namun untuk fungsi penerangan rumah, sebaiknya lampu LED menggunakan sumber daya arus AC saja.

Efek yang timbul bila menggunakan arus AC adalah munculnya suhu yang tinggi pada lampu LED. Namun efek ini bisa diantisipasi dengan penambahan resistor yang dipasang sebelum arus AC melewati lampu LED. Itulah kenapa pada lampu LED berukuran besar selalu dibutuhkan box yang besar pula karena rangkaian lampu LED ini harus dikombinasi dengan rangkaian resistor yang berjumlah tidak sedikit. 

Volume box lampu LED yang besar adalah sebuah kendala dalam pemasaran lampu LED untuk kebutuhan penerangan rumah tangga. Produsen lampu LED pun tidak tinggal diam dan segera mencari solusinya. Dan, sebuah proses kreatif pun terjadi. Saat ini, untuk membuat terang sebuah ruang berukuran 3 x 3 meter, tidak perlu menggunakan lampu LED yang berjumlah banyak. Cukup seukuran lampu compact fluorescent pada umumnya, namun caing lampu ini diberi lapisan chroome bertekstur kristal agar bisa memantulkan cahaya lampu LED ke seluruh penjuru ruangan.

Desain ini dianggap sebagai sebuah inovasi dalam usaha pengembangan lampu LED sebagai sumber cahaya penerangan rumah tangga. Harga lampu LED tidak lagi mahal karena komponen LED yang dibutuhkan tidak lagi sebanyak pertama kali teknologi ini diluncurkan. Saat ini, yang menjadi kendala dalam sosialisasi penggunaan lampu LED adalah pada komponen harga.

Lampu LED memiliki harga 3 atau 4 kali lebih mahal daripada lampu fluorescent. Letak kemahalannya bukan pada harga komponen LED itu, namun terletak pada komponen rangkaian resitor, rangkaian pendingin, dan komponen cashing dengan lapisan chroome. Pada lampu LED yang dilengkapi dengan chargable baterai, harganya akan jauh lebih mahal. Namun begitu, perbandingan demi perbandingan telah banyak dilakukan oleh komunitas pecinta energi, dan kesimpulannya adalah bahwa memakai lampu LED jauh lebih hemat daripada memakai lampu conmpact fluorescent. 

Sekarang coba kita membandingkan penggunaan lampu LED dengan lampu compact fluorescent. Sebuah lampu LED memiliki harga dengan daya 3 watt dijual dengan harga sekitar Rp 120.000,00. Sedangkan lampu compact fluorescent paling bagus dengan daya 8 watt dijual seharga Rp 30.000,00. Kedua lampu ini memiliki daya penerangan yang setara.

Lampu LED memiliki harga 4 kali lebih mahal daripada lampu compact fluorescent, namun daya tahan lampu LED mencapai 6 kali lebih lama daripada lampu conmpact fluorescent. Sebagai ilustrasi, dalam keadaan optimal, lampu compact fluorescent terbaik mampu bertahan selama 1 tahun, sedangkan lampu LED mampu bertahan sampai 6 tahun.

Daya yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu LED hanya 3 watt, sedangkan daya yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu compact fluorescent adalah sebesar 8 watt. 

Perbedaan yang menjadi keunggulan lampu LED dengan teknologi lampu lainnya adalah sebagai berikut:
  • Mengurangi tagihan listrik, karena lampu LED lebih hemat energi hingga 80% dibandingkan lampu pijar atau halogen biasa.
  • Ramah lingkungan dan sehat, karena lam
  • pu LED bebas merkuri.
  • Lebih jarang diganti karena lampu LED lebih awet. Rata-rata lampu LED hidup selama 25.000 jam
  • Tidak memancarkan radiasi UV.
Sekarang, pemilik rumah harus mulai mempertimbangkan menggunakan lampu dengan teknologi LED karena lampu LED memiliki manfaat-manfaat berikut ini:
  • Dengan lampu LED, pemilik rumah memiliki pilihan untuk menciptakan suasana yang mewah untuk setiap ruangan di rumah.
  • Lampu LED ,cahayanya dapat diredupkan, memiliki efek cahaya warna putih yang hangat, putih yang sejuk, atau cahaya gemerlap.
  • Lampu LED nyaman, karena memancarkan warna putih yang natural
  • Soket lampu LED sama dengan lampu-lampu biasa, sehingga sangat mudah untuk berpindah ke lampu LED

Aplikasi Lampu LED dalam Kehidupan, Lampu LED yang digunakan di kehidupan sehari hari

Saat ini, lampu LED telah banyak dijual untuk aplikasi-aplikasi yang banyak ragamnya, antara lain :

1. Lampu LED dalam Kehidupan - Untuk Rambu Lalu Lintas

Lampu LED saat ini banyak digunakan sebagai rambu-rambu lalu lintas seperti lampu stop di perempatan, lampu waspada di dekat rumah sakit dan terminal, lampu sirine di jalan raya dsb. Kecilnya energi yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu LED inilah sebagai alasan kenapa rambu-rambu lalu lintas banyak yang diganti dengan lampu LED. Sumber energinya cukup dari panel surya berukuran kecil yang dipasang di atas rambu-rambu.

2. Lampu LED dalam Kehidupan - Lampu Pada Kendaraan

Desain mobil dan motor terbaru saat ini banyak terinspirasi oleh upaya dan kampanye hemat energi dunia. Lampu LED pun ikut dilibatkan dalam pembuatan desain itu. Tidak sedikit mobil keluaran terbaru seperti Mitsubishi Grandis, Honda Accord, Honda Civic, BMW dan Mercedes yang mengaplikasikan lampu LED sebagai lampu stop dan lampu sign. Bahkan lampu depan dan belakang berukuran kecil untuk penggunaan pada waktu senja banyak yang sudah diganti dengan lampu LED.

Lampu LED pada kendaraan
Untuk kabin, jelas lampu LED telah lebih dahulu mengisinya baik untuk fungsi penerangan maupun untuk fungsi variasi yang lain. Jika mata kita jeli di jalan raya, saat ini banyak sekali sopir bus, truck dan angkutan umum lain yang suka menghiasi kendaraan mereka dengan lampu LED yang berwarna-warni.
Penggunaan lampu LED untuk kebutuhan variasi kendaraan ini tidak akan mengganggu kinerja kelistrikan kendaraan karena daya yang dibutuhkan sangat kecil.

3. Lampu LED dalam Kehidupan - Lampu Hias

Lampu LED tidak hanya berwarna putih, namun ada yang berwarna kuning, merah dan biru. Banyak kolam renang yang dilengkapi dengan penerangan lampu berwarna biru pada lantai dasarnya agar terlihat lebih indah pada malam hari. Taman-taman pun banyak diberikan lampu LED di sepanjang jalan setapaknya, atau di pepohonan sehingga taman bisa dinikmati keindahannya pada malam hari. Dengan ditambah variasi flip-flop, lampu taman menjadi indah, menyala lebih ramai.

4. Aplikasi Lampu LED dalam Kehidupan - Lampu Penerangan dalam Rumah

Hemat energi, itulah alasan utama orang membeli lampu LED untuk kebutuhan rumah tangga, termasuk sebagai lampu penerangan ruangan. Selain itu, lampu LED tidak menimbulkan panas dan radiasi sehingga aman untuk orang tua dan anak-anak. Lampu LED juga lebih teduh di mata daripada lampu compact fluorescent yang cenderung membuat mata menjadi silau.

5. Aplikasi Lampu LED dalam Kehidupan - Lampu Hias 

Tidak hanya taman saja yang membutuhkan lampu hias. Dinding rumah, jendela, kamar anak-anak pun memerlukan lampu hias yang cerah dan ramai, salah satunya dengan menggunakan aplikasi flip-flop. Dengan menggunakan LED, aplikasi flip-flop semakin sempurna karena warna-warni lampu LED sangat cerah untuk digunakan dalam aplikasi ini. Lampu LED juga tidak terpengaruh aktivitas on-off dari lampu flip-flop.

6. Aplikasi Lampu LED dalam Kehidupan - Lampu Senter

Lampu LED
Sebelum lampu LED banyak hadir untuk aplikasi senter, banyak sekali lampu senter yang tidak berfungsi karena baterai yang cepat habis. Semenjak lampu LED banyak diaplikasikan sebagai lampu senter, nyaris tidak ada senter yang rusak. Baterai yang awet, komponen LED yang memiliki daya tahan yang lama adalah faktor utama yang menyebabkan lampu LED banyak digunakan sebagai lampu senter saat ini.

7. Aplikasi Lampu LED dalam Kehidupan - Lampu Emergency

Lampu emergency dengan daya tahan yang lama dsb. Listrik padam seolah menjadi hal biasa di Indonesia. Lampu emergency menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga. Dari tahun ke tahun, lampu emergency itu terbuat dari lampu compact fluorescent yang boros energy. Daya tahannya tidak bisa lama, baterai cepat habis.
Sekarang, dengan keberadaan lampu LED, lampu emergency sudah bisa bertahan lebih dari 8 jam, bergantung kapasitas baterai yang ditancapkan dan jumlah LED yang pasang pada lampu emergency tersebut. Begitu banyak kegunaan beserta kelebihan yang dimiliki lampu LED.
Tidak disangka, lampu LED yang dahulu hanya berfungsi sebagai penyearah arus atau dioda, kini berubah fungsinya menjadi lampu penerangan dan lampu hias yang lebih bermanfaat untuk kehidupan masyarakat. Dengan pengembangan-pengembangan yang dilakukan para ahli, lampu ini akan menjadi alternatif utama lampu penerangan di masa depan.




Artikel lain yang mungkin anda cari,:

1 komentar:

Blog Rider Motor ( www.motroad.com ) said...

Thank you atas sharingnya.. menurut saya lampu LED terkadang menggangu pengendara lain dari arah yang berlawanan, apalagi jika dalam kondisi jalanan yang gelap dan lampu LED menyorot pada kondisi lampu jauh, kondisi seperti ini sangat menggangu pandangan pengendara dari arah yang berlawanan, by: www.motroad.com

Post a Comment