Menurut Elias
M. Awad, komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam
bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog). Selain itu, komputer
juga merupakan sebuah alat elektronok yang mampu melaksanakan tugas diantaranya
adalah menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan
perintah - perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk
informasi. Namun, ternyata tidak banyak orang yang tahu tentang bagaimana cara
kerja komputer.
Berikut ini
adalah penjelasan tentang cara kerja komputer:
Prinsip Kerja pada komputer |
Cara kerja komputer secara garis besar
terbagi ke dalam tiga golongan yaitu :
1.
Input
2.
Process
3.
Output
* Peralatan
input Pada komputer
Merupakan
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori
komputer. Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar
ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi
yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan
personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah
unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat
joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan
komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang
nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user
dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke
dalam komputer.
Cara kerja komputer |
Apa fungsi dari input device.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari
luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan
informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat
berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk
program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain
digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua
yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung
diproses oleh alat pemroses.
Contoh alat input langsung : keyboard, mouse, touch screen, light
pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu
sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Contoh alat input tidak langsung : punched card,
disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam
peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
b. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan
oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
* Prosesor
Mikroprosesor
adalah suatu komponen (biasanya wujud fisiknya berupa chip) yang terdapat dalam
suatu sistem komputer yang berfungsi sebagai unit pusat pemroses atau pengolah
data dan istruksi. Dalam bahasa kasar sering diistilahkan sebagai ‘otak’
komputer. Mikroprosesor ini umumnya terpasang pada motherboard. Penulisan
kata mikroprosesor sering disingkat µP atau uP. Istilah
mikroprosesor juga disebut dengan nama prosesor atau CPU
(central processing unit).
Prosesor ini
terbuat dari chip silikon yang di dalamnya mengandung jutaan transistor mini
dan sirkuit lainnya di atas sirkuit
terintegrasi semikonduktor. Selama ini,
perkembangan mikroprosesor diketahui mengikuti hukum Moore. Hukum ini
dilontarkan oleh Gordon Moore pada tahun 1965. Saat itu Moore memprediksi
bahwa jumlah transistor yang ada pada IC (Integrated Circuit) akan berlipat
ganda setiap tahunnya, dan merumuskan bahwa daya penghitungan akan berlipat
ganda setiap 18 bulan. Pernyataan ini diperbaharui oleh Moore pada tahun
1995, berdasar hasil penelitian bahwa kelipatan ganda jumlah transistor akan
terjadi setiap dua tahun sekali. Hukum tersebut memang benar-benar terjadi
dan terbukti sejak awal tahun 1970-an. Sehingga performa komputerpun terus
meningkat dari tahun ke tahun.
Hukum Moore tersebut mungkin tidak akan berlaku
seterusnya, kalau mengamati perkembangan prosesor saat ini tampaknya hukum
tersebut hanya berlaku untuk waktu yang terbatas.
Komponen pada Prosesor
Prosesor
golongan x86 yang digunakan untuk PC, biasanya terdiri dari beberapa komponen
penting, antara lain:
o Unit kontrol, yaitu bagian yang
bertugas mengatur jalannya program.
o Unit eksekusi, yaitu bagian yang
melakukan operasi terhadap data yang terdiri dari:
§ ALU (Arithmetic
Logical Unit = Unit Logika dan Aritmatika). Komponen ini
berfungsi sebagai tempat memproses data dengan cara memanipulasi informasi dan
mengevaluasi hasilnya. ALU dapat
melakukan operasi-operasi tertentu, misalnya penjumlahan, perkalian,
pengurangan, dan lainnya.
Ø ALU sendiri terdiri dari device-device
memori kecil yang dikenal dengan nama register. Pada
register inilah informasi-informasi disimpan selama pemrosesan data sedang
berlangsung.
Ø ALU juga terdiri dari sirkuit-sirkuit
untuk mengevaluasi informasi. Misalnya adder dan comparator, yang
memanipulasi data sesuai instruksi yang terprogram
Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah
salah satu bagian/komponen dalam sistem di dalam sistem komputer yang
berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan
logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan
pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. ALU
bekerja besama-sama memori, di mana hasil dari perhitungan di dalam ALU di
simpan ke dalam memori.
Perhitungan dalam ALU menggunakan kode biner,
yang merepresentasikan instruksi yang akan dieksekusi (opcode) dan data yang
diolah (operand). ALU biasanya menggunakan sistem bilangan biner two’s
complement. ALU mendapat data dari register. Kemudian data tersebut
diproses dan hasilnya akan disimpan dalam register tersendiri yaitu ALU
output register, sebelum disimpan dalam memori.
Pada saat sekarang ini sebuah chip/IC dapat
mempunyai beberapa ALU sekaligus yang memungkinkan untuk melakukan kalkulasi
secara paralel. Salah satu chip ALU yang sederhana (terdiri dari 1 buah ALU)
adalah IC 74LS382/HC382ALU (TTL). IC ini terdiri dari 20 kaki dan beroperasi
dengan 4×2 pin data input (pinA dan pinB) dengan 4 pin keluaran (pinF).
Arithmatic Logical Unit (ALU), fungsi
unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan
logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri
dari register-register untuk menyimpan informasi.Tugas
utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang
terjadi sesuai dengan instruksi program. Rangkaian pada ALU (Arithmetic and
Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan dinamakan dengan Adder.
Adder digunakan untuk memproses operasi aritmetika, Adder juga disebut
rangkaian kombinasional aritmatika.
Ada 3 jenis adder:
1. Rangkaian Adder dengan
menjumlahkan dua bit disebut Half Adder.
2. Rangkaian Adder dengan
menjumlahkan tiga bit disebut Full Adder.
3. Rangkain Adder dengan
menjumlahkan banyak bit disebut Paralel Adder
§ FPU (Floating
Point Unit). Komponen ini berfungsi untuk memproses data berupa
bilangan floating point.
o Sekumpulan daftar yang dapat digunakan
untuk menampung data maupun hasil perhitungan yang belum selesai dengan
sempurna. Komponen ini terkadang terdapat dalam CPU, tetapi tidak semuanya.
Memori internal
CPU, biasanya berupa cache, seringkali
disebut dengan istilah cache memori. Sekarang ini,
prosesor-prosesor modern sudah dilengkapi komponen ini.Sedangkan
prosesor-prosesor lama, banyak yang tidak memilikinya.
Cara kerja Prosesor
Cara kerja Prosesor
Prosesor
berfungsi seperti kalkulator, hanya saja dengan kemampuan pemrosesan data yang
jauh lebih besar.Fungsi utamanya adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap
data.
Data tersebut
diambil dari memori atau diperoleh dari alat input yang dioperasikan oleh
operator seperti papan ketik (keyboard), mouse dan lainnya. Kerja prosesor
ini dikontrol oleh sekumpulan instruksi software. Software tersebut
diperoleh atau dibaca dari media penyimpan seperti harddisk, disket, CD, dan
lainnya. Kemudian instruksi-instruksi tadi disimpan dalam RAM. Setiap
instruksi diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Untuk
selanjutnya, prosesor akan mengakses data-data yang ada pada RAM, dengan cara
menentukan alamat data yang dikehendaki.
Prosesor dan RAM dihubungkan oleh unit yang
disebut bus. Saat sebuah program dijalankan, data akan mengalir dari RAM
melalui bus, menuju ke prosesor. Di dalam prosesor, data ini di-dekode,
kemudian berjalan ke ALU yang bertugas melakukan kalkulasi dan perbandingan. Kadang-kadang
data disimpan sementara di register agar dapat diambil kembali dengan cepat
untuk diolah. Setelah selesai, hasil pemrosesannya mengalir kembali ke RAM
atau ke media penyimpan. Apabila data hasil perosesan tadi akan diolah
lagi, maka data tersebut akan disimpan dalam register. Demikian
seterusnya.
Bilangan yang ditangani oleh prosesor
Terdapat dua
macam bilangan yang ditangani oleh prosesor, yaitu bilangan fixed
point dan bilangan floating point.
Bilangan fixed
point adalah bilang yang memiliki nilai digit spesifik pada salah satu titik
desimalnya, Hal ini akan membatasi jangkauan nilai yang mungkin untuk
angka-angka tersebut, namun, hal ini justru dapat dihitung oleh prosesor.
Oleh karena itu, beberapa jenis komputer
menggunakan prosesor sendiri untuk menangani bilangan floating point. Prosesor
yang khusus menangani bilangan floating point disebut Floating Point
Unit (FPU) atau disebut juga dengan nama math
co-processor. FPU dapat bekerja secara paralel dengan prosesor. Dengan
demikian proses penghitungan bilangan floating point dapat berjalan lebih
cepat. Keberadaan FPU integrated (bersatu dengan prosesor) sudah menjadi
kebutuhan standart komputer masa kini, karena banyak sekali aplikasi-aplikasi
yang beroperasi menggunakan bilangan floating point.
* Memori
Merupakan alat
yang berfungsi sebagai media penyimpan data pada komputer. Memori ini terdiri
dari 2 maca, yaitu ROM (read only memory) dan RAM (random access memory)
* Output device
Merupakan
bagian dari perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, baik
itu berupa hardcopy (bisa berupa kertas), softcopy (muncul di layar monitor),
ataupun keluaran alam bentuk gambar dan suara.
Sehingga bisa
disimpulkan bahwa cara kerja komputer adalah diawal dengan memasukkan data dari
perangkat input kemudian data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai
dengan yang kita inginkan. Data yang telah diolah CPU akan disimpan ke dalam
memori komputer atau biasa disebut dengan disk. Data yang disimpan dapat kita
kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
1 komentar:
Trimakasih Artikenya membantu saya belajar HCI
My Blog
Post a Comment