Hi quest ,  welcome 

Info

Ingin Penghasilan Tambahan, disini saya akan memperkenalkan Sophie Paris, Banyak sekali keuntungan untuk mendaftar member di Sophie Paris,
Keuntungannya yaitu :
- Daftar member Gratis.
- No ID atau No kartu member aktif seumur hidup, artinya tidak ada perpanjangan no ID,
- Diskon 30% Untuk semua produk
- Sophie paris juga menyediakan Bebas ongkos kirim,
- Jika Aktif maka akan ada transfer tiap bulannya.
>> Yuk yang belum daftar bisa daftar isi datanya Klik link di bawah :)

fungsi iso pada kamera


Apakah Fungsi iso pada kamera? 
Low EnergySetting ISO pada kamera adalah sesuatu yang telah dibawa dari film. Ingat kembali pada 'hari tua' ketika Anda gunakan untuk pergi dan membeli gulungan film Anda dan Anda akan membeli film peringkat 100, 200 atau 400, bahkan mungkin 800 atau 1600? Nah jumlah yang mengacu pada kepekaan film terhadap cahaya. Semakin tinggi angka, semakin sensitif terhadap cahaya film ini. Bit ISO adalah dari standar untuk sensitivitas film, dan nomor mengacu Peringkat itu.

apakah sensitivitas pada kamera artinyaNah kepekaan yang rendah berarti bahwa film ini harus terkena cahaya untuk waktu yang lebih lama dari film dengan sensitivitas yang tinggi untuk benar mengekspos gambar.Dengan sensitivitas yang lebih rendah Anda juga mendapatkan kualitas gambar lebih baik juga yang mengapa Anda harus selalu mencoba dan menggunakan sensitivitas terendah yang dapat lolos. Mari kita tidak maju dari diri kita sendiri meskipun, penjelasan yang lebih sedikit dibutuhkan.

Setiap kamera memiliki sesuatu yang disebut "Base ISO", yang biasanya jumlah ISO terendah dari sensor yang dapat menghasilkan kualitas gambar tertinggi, tanpa menambahkan suara ke gambar tersebut. Pada sebagian besar kamera Nikon baru seperti Nikon D5100, ISO basis biasanya 200, sementara sebagian besar kamera digital Canon memiliki ISO dasar 100. Jadi, secara optimal, Anda harus selalu mencoba untuk tetap pada ISO dasar untuk mendapatkan kualitas gambar tertinggi. Namun, tidak selalu mungkin untuk melakukannya, terutama ketika bekerja dalam kondisi cahaya rendah.

Biasanya, nomor ISO mulai 100-200 (Base ISO) dan kenaikan nilai dalam perkembangan geometris (kekuatan dua). Jadi, urutan ISO: 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400 dan lain-lain Yang penting dipahami adalah bahwa setiap langkah antara jumlah efektif menggandakan sensitivitas sensor. Jadi, ISO 200 adalah dua kali lebih sensitif daripada ISO 100, sedangkan ISO 400 adalah dua kali lebih sensitif daripada ISO 200. Hal ini membuat ISO 400 empat kali lebih sensitif terhadap cahaya dari ISO 100, ISO 1600 dan enam belas kali lebih sensitif terhadap cahaya dari ISO 100, seterusnya dan sebagainya. Apa artinya bila sensor adalah enam belas kali lebih sensitif terhadap cahaya? Ini berarti bahwa perlu enam belas kali lebih sedikit waktu untuk mengambil foto!

Kecepatan ISO Contoh:
ISO 100-1 kedua
ISO 200 - 1/2 dari satu detik
ISO 400 - 1/4 per detik
ISO 800 - 1/8 dari satu detik
ISO 1600 - 1/16 dari satu detik
ISO 3200 - 1/32 detik
Dalam Contoh Kecepatan ISO di atas, jika sensor kamera anda diperlukan tepat 1 detik untuk menangkap adegan pada ISO 100, hanya dengan beralih ke ISO 800, Anda dapat menangkap adegan yang sama di 1/8th dari 125 milidetik kedua atau pada! Itu dapat berarti dunia yang berbeda dalam fotografi, karena dapat membantu untuk membekukan gerak.

Kapan menggunakan ISO rendah

Seperti sudah saya katakan di atas, Anda harus selalu berusaha untuk menempel pada ISO terendah (base ISO) dari kamera Anda, yang biasanya ISO 100 atau 200, bila memungkinkan.Ketika ada banyak cahaya, Anda harus selalu menggunakan ISO terendah, untuk mempertahankan detail yang paling dan memiliki kualitas gambar tertinggi. Ada beberapa kasus di mana Anda mungkin ingin menggunakan ISO rendah di lingkungan redup atau gelap - misalnya, jika Anda memiliki kamera Anda terpasang pada tripod atau duduk pada permukaan yang datar. Dalam hal ini, ingatlah bahwa kamera Anda kemungkinan besar akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menangkap adegan dan apa pun yang bergerak mungkin akan terlihat seperti hantu.
Hanya bercanda, tentu saja! Itu keponakan tersayang menjadi subyek pengujian paparan panjang saya. Saya mengatur kamera ke ISO terendah untuk mempertahankan detail, yang juga mengakibatkan eksposur panjang dari 5 detik. Keponakan saya masih duduk, sementara teman saya melangkah untuk sesaat untuk memperkenalkan :) hantu
Kapan harus meningkatkan ISO

Anda harus meningkatkan ISO ketika ada tidak cukup ringan untuk kamera untuk dapat dengan cepat mengambil foto. Setiap kali saya menembak di dalam ruangan tanpa flash, saya set ISO saya untuk jumlah yang lebih tinggi untuk dapat membekukan gerak. Kasus lain di mana Anda mungkin ingin meningkatkan ISO adalah ketika Anda perlu untuk mendapatkan ultra-cepat gambar, seperti gambar burung saya diposting di atas. Tapi sebelum meningkatkan ISO, Anda harus berpikir jika itu adalah OK bagi Anda untuk memperkenalkan suara pada gambar.

Pada banyak DSLR baru, ada pengaturan untuk "Auto ISO", yang bekerja besar dalam lingkungan cahaya rendah. Keindahan dari pengaturan ini, adalah bahwa Anda dapat mengatur ISO maksimum untuk jumlah tertentu, jadi ketika ISO secara otomatis meningkat berdasarkan jumlah cahaya, tidak melewati sawar ditetapkan. Jadi, jika saya ingin membatasi jumlah gandum di gambar saya, saya biasanya mengatur ISO maksimal sampai 800.

Jika Anda memiliki pertanyaan, komentar atau umpan balik, silahkan posting mereka di bagian komentar di bawah ini. Harap dicatat bahwa penjelasan di atas ISO diberikan dalam hal yang sangat dasar / sederhana, mirip dengan kepekaan film. Benar mendefinisikan ISO pada kamera digital bisa mendapatkan cukup kompleks. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang ISO di kamera digital, termasuk standar ISO 12232:2006, silakan lihat artikel ini dari Wikipedia.


Ketika mempelajari tentang konsep 'Exposure Triangle' atau yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan segitiga eksposure, mungkin Sobat pernah bertanya 'Berapa nilai ISO yang harus saya gunakan untuk hasil terbaik?' Merubah pengaturan ISO pada kamera kalian memberikan dampak terhadap tingkat kesensitifan sensor gambar yang ada di dalam kamera terhadap CAHAYA. Semakin rendah bilangan ISO yang Sobat pilih maka tingkat sensitifitas akan cahaya juga akan semakin renda, dan juga sebaliknya semakin tinggi bilangan ISO maka akan sensor gambar kamera akan semakin sensitif.

As Requested: ISO Low Light Comparisons
Perbedaan iso pada kamera


Pengaturan tersebut diatas berguna ketika Sobat memotret pada konsisi atau situasi pencahayaan yang berbeda, biasanya ketika pada kondisi pencahayaan renda dan Sobat tidak memungkinkan untuk menggunakan flash (dalam kasus ini SObat harus meninggikan ISO). Dampak yang paling terlihat ketika menaikkan pengaturan ISO adalah kemungkinan NOISE atau GRAIN dalam hasil foto juga akan meningkat. Sobat mungkin tidak akan menyadari adanya GRAIN dalam foto ketika melihatnya pada LCD kamera, tetapi ketika Anda me-review ulang di Personal Computer GRAIN atau NOISE tersebut akan dengan jelas terlihat. Diatas merupkan satu contoh dimana saat memotret semuanya menggunakan pengaturan kamera yang sama kecuali untuk pengaturan ISO (100 dan 1600). Aturan dasar dalam menggunakan ISO adalah, Sobat harus memilih ISO serendah mungkin untuk mendapatkan hasil foto yang halus serta bebas dari GRAIN.

Pertanyaan yang harus dijawab dalam mengambil keputusan tentang ISO


Ketika memotret dalam kondisi rendah atau kurang cahaya mungkin memang tidak ada cara alternatif lain jadi berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang disarankan untuk Sobat jawab ketika memilih ISO berapa yang tepat untuk pemotretan.
  • Apakah Sobat memegang kamera tersebut? - Ketika menggunakan Tripod, mungkin kalian akan mampu untuk menggunakan shutter speed lambat, dan ini berarti Sobat bisa menggunakan ISO rendah.
  • Apakah subyek foto bergerak? - Jika subyek foto Sobat 'still' atau diam (Still-life) dan Anda memiliki tripod yang bisa digunakan, maka Sobat bisa menggunakan shutter speed rendah dan menggunakan ISO rendah.
  • Apakah Sobat membutuhkan Depth of Field? - Jika Sobat tidak membutuhkan Depth of Field lebar, mungkin kalian bisa memperlebar aperture dimana cahaya akan masuk ke dalam sensor lebih banyak dan menggunakan ISO lebih rendah.
  • Apakah bisa menambahkan cahaya buatan? - Penggunakan sumber cahaya lain seperti flash atau lampu bisa membantu kalian untuk mendapatkan cahaya lebih dan bisa menggunakan ISO rendah.
  • Apakah ada masalah jika Sobat mendapatkan Grain dalam foto? - Beberapa foto terkadang akan tampak lebih bagus dan dramatis dengan adanya GRAIN. Beberapa fotografer malah lebih menyukai sense fotografi yang dihasilkan dengan adanya NOISE atau GRAIN, dan untuk mendapatkannya tentu mereka dengan sengaja menggunakan pengaturan ISO yang relatif tinggi.
  • Seberapa maksimal gambar akan bisa diperbesar? - Satu alasan kenapa NOISE tidak terlihat pada LCD kamera digital adalah karena LCD terlalu kecil. Pixel dalam foto akan terlihat kecil juga dan GRAIN tidak bisa terlihat oleh mata. Sobat akan menyadari foto tersebut memiliki NOISE atau GRAIN ketika memperbesar hasil jepretan pada monitor yang lebih lebar atau cetak. Jika Sobat hanya akan menggunakan foto tersebut dalam ukuran kecil, maka kalian bisa mengesampingkan kemungkinan munculnya NOISE/GRAIN
Hal yang perlu diingat adalah, pengaturan ISO dalam kamera digital hanya bisa dilakukan ketika Sobat memotret menggunakan mode Manual atau Semi-Manual. Pada mode otomatis, kamera akan menentukan ISO terendah yang bisa diberikan untuk mendapatkan eksposure yang pas.

Resiko mengubah setting ISO


Harap diingat juga bahwa dengan kerap merubah pengaturan ISO, maka Sobat harus juga memupuk kebiasaan untuk memeriksa pengaturan kamera setiap sebelum memotret. Fotografer kebanyakan sering kali kecewa setelah memotret karena sadar bahwa ISO yang digunakan adalah pengaturan untuk jepretan sebelumnya, dan kondisi cahaya telah berubah. Tentu akan membawa rasa frustasi ketika Sobat berpikir sedang memotret menggunakan ISO 100, tetapi nyatanya Sobat sedang menggunakan ISO 1600. Untuk mengatasi hal ini Sobat bisa memeriksa setiap kali sebelum memotret, tetapi tidak ada salahnya jika mengembalikan pengaturan ISO setiap kali sesudah memotret.


Artikel lain yang mungkin anda cari,:

0 komentar:

Post a Comment